oleh

FMIPA Unhas Seminar Nasional Peran Statistika Menuju Indonesia Maju

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Himpunan Mahasiswa Statistika (Himastat) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Peran Statistika Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Nasional ke-17 Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia (Mukernas – IHMSI) berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (27/5/2021).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Ali Said, MA., (Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik BPS RI) dan Tatang Muttaoin, S.Sos., M.ed., Ph.D., (Direktur Pendidikan Tinggi dan Iptek Bappenas RI).

Dr. Ali Said, MA., sebagai salah satu narasumber menyampaikan materi mengenai “Peran Statistik Dalam Pembangunan Menuju Indonesia Maju” yang secara umum menjelaskan tentang Visi Indonesia di tahun 2045, peran data dalam pembangunan hingga kontribusi lulusan statistika dalam mendukung pengembangan nasional.

Dalam materinya, Dr. Ali Said menyimpulkan data berperan sentral dalam menyusun perencanaan, monitoring dan evaluasi kebijakan. Ditengah pandemi Covid-19, kebutuhan data semakin penting sebagai salah satu upaya menghadirkan kebijakan yang sangat dibutuhkan sebagai mitigasi dampak pandemi Covid-19. 

Kegiatan seminar ditutup penyampaian materi dari Tatang Muttaoin terkait “Pembangunan SDM Unggul Dalam Mendukung RPJMN dan TPB/SDgs”. Di mana secara umum beliau memaparkan mengenai tantangan pembangunan masa depan, RPJMN 2020-2024 untuk kebijakan pembangunan SDM hingga peran SDM unggul dalam pencapaian SDGs serta potret perguruan tinggi dengan prodi rumpun statistika.

Kegiatan yang dipandu Andi Kresna Jaya, S.Si., M.Si., (Sekretaris Departemen Statistika FMipa Unhas) selaku moderator yang diikuti lebih kurang300 peserta berlangsung lancar. (rls/mukhlis/fajar)

Komentar

News Feed