by

Inspektur Koopsau II Sosialisasi Zona Integritas dan Pemilihan Agen Perubahan

-Fin, Headline-343 views

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Sebagai tindak lanjut dari PermenPAN-RB Nomor 10 Tahun 2019, bahwa setiap unit kerja/instansi Pemerintah harus mengarah ke pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang saat ini sudah memasuki tahap ketiga dari road map th. 2010-2025.

Oleh sebab itu, Inspektur Koopsau II, Kolonel Tek I Nyoman Sudarsana, S.IP, MH, M.Tr (Han), atas izin Pangkoopsau II berinisiatif memberikan Sosialisasi di depan 78 personel Makoopsau II secara langsung (offline) dan perwakilan pejabat Lanud jajaran Koopsau II secara virtual, di Gedung Suryadi Suryadharma Makoopsau II, Kamis (27/5/2021).

Menurut Inspektur Koopsau II, Markas Koopsau II dan Lanud jajarannya saat ini belum mencapai predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) apalagi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) karena ada beberapa agenda Zona Integritas (ZI) yang belum dilaksanakan akibat kurangnya pemahaman tentang tools pembangunan dan penilaian yang harus dilaksanakan.

Melalui metode penyampaian yang lugas, jelas, dan mudah dipahami, Inspektur yang lulusan Lemhanas tahun 2017 tersebut menjelaskan 6 Komponen Pengungkit dan 2 Komponen Hasil Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

Keenam Komponen Pengungkit ZI yang dimaksud adalah Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan  Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Selain itu, Kolonel I Nyoman juga menjelaskan mengenai Teknik penyusunan Laporan Penilaian Risiko dan memilih Agen Perubahan yang selama ini kurang dipahami mekanisme pelaksanaannya.

Kegiatan Sosialisasi ZI akan berlangsung selama 2 hari mulai hari ini  Kamis tanggal 27 Mei sampai tanggal Jumat 28 Mei 2021.

Pelaksanaan sosialisasi ZI tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, dan merubah mind set serta culture set seluruh peserta agar mampu merealisasi semua yang menjadi agenda pembangunan ZI, baik di Makoopsau II maupun di Lanud jajaran, sehingga dapat meraih predikat WBK dan WBBM pada masa yang akan datang. (mukhlis/fajar)

News Feed