by

FIB Antarkan Unhas Capai Skor Terbaik Indeks Pelayanan Publik dan Persepsi Anti Korupsi

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengumumkan hasil penilaian Zona Integritas tahun 2020.

Dalam proses pengusulan Zona Integritas tahun 2020, Universitas Hasanuddin diwakili oleh Fakultas Ilmu Budaya.  Pemilihan ini didasarkan pada keputusan Rektor Unhas, dengan memperhatikan berbagai aspek normatif dan aktual yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Budaya.

Di lingkup Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, terdapat 14 perguruan tinggi negeri (PTN) yang diusulkan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).  Namun, berdasarkan hasil evaluasi yang disampaikan pada bulan Maret 2021, belum ada PTN yang memperoleh predikat WBK.

Penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) terdiri atas tiga komponen, yaitu penilaian terhadap Lembar Kerja Evaluasi (LKE) beserta elemen pendukungnya, penilaian terhadap Indeks Pelayanan Publik (IPP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK).

Meskipun Universitas Hasanuddin belum berhasil memperoleh predikat WBK, namun capaian terhadap beberapa komponen penilaian patut menjadi kebanggaan.  Dari nilai total, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin menempati posisi kelima dari 11 perguruan tinggi yang lolos hingga ke tahap akhir.

Sementara untuk komponen Indeks Pelayanan Publik (IPP), Universitas Hasanuddin berada pada posisi pertama (dengan skor tertinggi 3.86 dari nilai maksimal 4). Nilai ini sama dengan capaian Universitas Diponegoro.

Begitu juga untuk komponen Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK), Universitas Hasanuddin memperoleh skor tertinggi diantara 11 PTN yang lolos ke tahap akhir. Skor IPAK yang dicatatkan oleh Unhas adalah 3.93 (dari maksimal 4).

Berikut ini daftar capaian PTN yang diusulkan untuk Program Strategis Nasional Pembangunan Zona Integritas tahun 2020.

PTN yang diusulkan untuk memperoleh Predikat WBK Tahun 2020

1. Universitas Airlangga (Fak. Psikologi)

2. Universitas Andalas (Fak. Teknik)

3. Universitas Brawijaya (Fak. Tek. Pertanian)

4. Universitas Diponegoro (Fak. Teknologi)

5. Universitas Hasanuddin (Fak. Ilmu Budaya)

6. Universitas Indonesia (Fak. Kes. Mas)

News Feed