by

Produsen Makassar Bantu Dorong Ekonomi Daerah lewat Platform TokoPedia

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Inisiatif hyperlocal Tokopedia terus membawa dampak positif bagi para pegiat usaha lokal di seluruh Indonesia, termasuk Kopiapi dan Comextra Cashew dari Makassar.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengatakan, selain bisa mempertahankan usaha di tengah pandemi, inisiatif ini juga mendorong pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, menggerakkan ekonomi daerah lewat pemanfaatan teknologi.

Sebut saja di antaranya, Rachwan Arna Odenjar (Wawan), Haidir (Didit), dan Asmar Asing memulai usaha Kopiapi Coffee Roaster di Makassar, yang menjual biji kopi berkualitas dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sulawesi, Bali, dan Sumatera.

Mereka memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk memaksimalkan penjualan produknya. Lewat hal tersebut, Kopiapi memberikan dampak positif. Khusunya kepada para petani lokal, berkolaborasi untuk memproses biji kopi pilihan serta menawarkan cita rasa yang khas dan otentik.

Salah seorag pengusaha kopi, Asmar Asing, dikonfirmasi, Jumat (28/5/2021), mengatakan, di masa pandemi seperti ini, usaha Kopiapi turut merasakan dampak yang luar biasa. Omzet penjualan Kopiapi menurun drastis hingga 90%.

Meski demikian, Kopiapi tetap optimis dan mulai mengandalkan penjualan online di Tokopedia untuk memastikan usaha tetap berjalan.

“Melalui Tokopedia, produk saya bisa dinikmati pelanggan tidak hanya di Makassar, tetapi di seluruh Indonesia. Kami juga mencatat kenaikan pesanan hampir 2x lipat pada kuartal 1 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 4 2020,” jelasnya.

Tidak hanya pelaku UMKM, eksportir berskala besar seperti Comextra Majora juga mulai memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia demi menjangkau pasar di Indonesia.

Tim Retail Comextra Majora, Cindy Wisan mengatakan, sejak 2018 ia mulai membidik pasar lokal dan membentuk unit usaha Comextra Cashew. Fokus memasarkan produk kacang mete dan mengedukasi masyarakat Indonesia, tentang kacang mete berkualitas ekspor.

“Kami pun mulai memanfaatkan Tokopedia sebagai salah satu strategi pemasaran produk. Berkat fitur seperti Broadcast Chat, Bebas Ongkir, TopAds, serta kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB),” bebernya.

News Feed