by

Pangkoopsau II Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021), diikuti para Panglima Komando Utama (Pangkotama) di Makassar secara virtual.

Dalam siaran pers Kepala Penerangan (Kapen) Komando  Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II, Letkol Sus Drs Husban Abady, M.Ag, menyebutkan, Panglima Koopsau II, Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel.

Selain Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP, tampak pula para Pangkotama lainnya, di antaranya Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam,  Danlantamal VI Laksma TNI Benny Sukandari, dan Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Ian Fuady.

Sementara dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), selain Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani, juga hadir Kajati Sulsel Raden Febriyanto, Kepala PTTUN Oyo Sunaryo, Kabinda Sulsel Kolonel Inf Dwi Surjadmodjo, dan KA Pengadilan Tinggi Agama Makassar Abu Huraera.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan, Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” jelas Presiden Joko Widodo.

Presiden mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang di cita-citakan.

Dalam waktu yang bersamaan sebanyak 20 orang personel Koopsau II, yang terdiri dari perwakilan Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama, juga mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bertempat di Ruang Loby Makoopsau II. Begitu juga dengan personel Makoopsau II lainnya mengikuti jalannya upacara tersebut secara virtual dari Rumah Masing-masing. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed