oleh

Winda Sari Mahasiswa Fakultas Hukum, Juara Dua Mawapres Unhas 2021

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Winda Sari mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang berhasil meraih Juara Dua dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Universitas. Hal ini sesuai dengan pengumuman hasil seleksi yang dikeluarkan oleh Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas pada Senin (24/5) lalu.

Melalui wawancara pada Rabu (2/6/2021), Winda menjelaskan tentang persiapan keikutsertaan dalam kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan, hal paling utama yang dilakukan adalah menguatkan kepercayaan diri dan menjaga kesehatan agar dapat mengikuti berbagai tahapan seleksi. Sekaligus, mematangkan konsep dan gagasan kreatif, latihan presentasi dan mengikuti berbagai arahan dari prosesi Mawapres Camp terlebih dahulu.

Dalam ajang pemilihan Mawapres tingkat Universitas, Winda menyampaikan gagasannya pada sesi presentasi karya tulis tentang lingkungan yang dielaborasi dengan disiplin ilmu yang dimiliki yaitu bidang hukum. Output yang diharapkan adalah gagasan berupa website pertanggungjawaban mutlak terhadap pencemaran lingkungan oleh korporasi.

“Tantangan lainnya adalah jadwal Pilmapres yang dimajukan dari agenda sebelumnya. Tapi, alhamdulillah bisa diatasi dengan baik sesuai bimbingan dan arahan dari panitia dan kakak Mawapres tahun 2020. Untuk hambatan, saya rasa tidak ada karena dari seleksi tingkat fakultas pembimbing telah memberikan arahan sedemikian rupa sehingga segala kemungkinan untuk seleksi Pilmapres sudah teratasi secara baik,” jelas Winda.

Keikutsertaan Winda dalam ajang Mawapress Unhas merupakan salah satu jembatan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik. Namun, bagaimana mahasiswa sebagai generasi penerus mampu memberikan keseimbangan antara akademik maupun non akademik.

Melalui ajang Mawapres, Winda berharap apa yang menjadi gagasan para peserta Pilmapres dapat direalisasikan secara baik dan dirasakan secara meluas oleh masyarakat. Tidak hanya itu, dirinya juga berharap Fakultas Hukum bisa membina dan melahirkan mahasiswa berprestasi lainnya dengan daya saing dan kreativitas tinggi.

Seleksi Pilmapres dilakukan sangat ketat dengan melewati berbagai tahapan. Seleksi diawali dengan penilaian berkas Capaian Unggulan(CU) dan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bahasa Inggris. Seleksi tes wawasan kebangsaan di tingkat Fakultas serta tes capaian unggulan, psikotes, leaderless group discussion, group interview, presentasi KTI (dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) untuk tingkat Universitas.

News Feed