by

FKG Unhas Bersama University Malaysia Terengganu Kolaborasi Riset

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Faculty of Fisheries and Food Science University Malaysia Terengganu, Malaysia, melakukan kolaborasi riset.

Judul yang diambil pada kolaborasi riset kali ini mengenai “Physicochemical Analysis and Inoovation of Formulation of Toothpaste Containing Fish Bone”. Koordinasi riset berlangsung dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (3/6/2021).

Hadir dalam kegiatan ini, Dekan FKG Unhas Muhammad Ruslin, drg, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K), Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Prof. Dr. Edy Machmud., drg, Sp.Pros(K), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Eddy Heriyanto Habar, drg, Sp.Ort(K), Ketua Dental Education Unit (DEU) Irfan Sugianto, drg, M.MedEd, Ph.D, Ketua Program Studi (KPS) Pendidikan Dokter Gigi (S1) Dr. Ayub Irmadani Anwar, drg, M.MedEd, dan Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM sebagai peneliti FKG Unhas.

Pada kesempatan yang sama turut hadir tim peneliti dari Faculty of Fisheries and Food Science University Malaysia Terengganu yakni Prof. Alfian Zein dan Dr. Nor Fazliyana Binti Mohtar.

Dr. Ayub Irmadani Anwar, drg., M.MedEd selaku ketua tim peneliti dari FKG Unhas menyampaikan penelitian ini bertujuan untuk membuat produk inovasi yaitu pasta gigi yang mengandung kalsium, yang berasal dari tulang ikan. Pasta gigi ini memanfaatkan limbah tulang ikan dan menjadi alternatif sumber kalsium.

Hasil riset ini juga nantinya menjadi produk unggulan FKG Unhas dalam upaya pencegahan penyakit gigi dan mencegah bau mulut.

Dekan FKG Unhas Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), sangat menyambut baik kolaborasi riset, terlebih saat ini FKG Unhas tengah meningkatkan kuantitas dan kualitas risetnya. Kkegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi bagian kontribusi nyata sebagai solusi terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat khususnya pada kesehatan gigi dan mulut.

“Kolaborasi riset ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kami untuk mendorong reputasi universitas baik skala nasional maupun internasional. Ini dapat meningkatkan capaian Unhas menuju World Class University sesuai dengan arahan Ibu Rektor. Ini juga upaya kami untuk memperkenalkan FKG Unhas ke dunia Internasional,” jelas drg. Ruslin

News Feed