by

Mahasiswa Magister Sosiologi Unhas Riset Keagamaan di Bulukumba

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Sebanyak 12 mahasiswa magister program studi Sosiologi Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan riset terkait sosial keagamaan sebagai salah satu tugas akhir perkuliahan. Penelitian berlangsung di Tana Toa Kajang Dalam, Kabupaten Bulukumba sejak Jumat (4/6) hingga Minggu (6/6).

Penelitian yang dilakukan mengangkat beberapa topik yang dianggap penting, seperti makna agama, ritual dan pelestarian alam, peran perempuan dalam pelaksanaan ritual, religiusitas masyarakat, fungsi keluarga dan kepemimpinan Amma Toa dalam masyarakat Kajang.

Dr. Muhammad Sabiq, LC., M.Si., menjelaskan kegiatan ini menjadi model yang baru diterapkan pada mata kuliah Sosiologi Agama. Model ini rencananya akan rutin dilakukan setiap tahun. Riset tersebut bertujuan untuk memacu mahasiswa lebih produktif dalam menghasilkan karya ilmiah sekaligus sarana mengembangkan metode mengumpulkan data lapangan.

“Penelitian seperti ini menjadi media mahasiswa untuk mampu memahami makna agama dalam keberagaman. Hasil riset akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal, artikel atau buku. Lokasi di Kajang menjadi pilihan, karena ada keunikan pada masyarakat di sana,” jelas Sabiq.

Melalui penelitian tersebut, Sabiq berharap menghasilkan tulisan-tulisan yang nantinya akan dipublikasikan untuk membantu pemenuhan informasi masyarakat secara umum karena didasarkan atas fakta lapangan yang sebelumnya telah dilakukan. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed