by

Menteri Sandiaga Uno Sambut Hangat Kolaborasi dengan Unhas

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelar pertemuan dalam rangka silaturahmi dan berdiskusi mengenai kontribusi dan potensi kerja sama dalam mendukung kepariwisataan dan ekonomi masyarakat.

Kegiatan berlangsung di Ruang Senat Akademik Unhas, Lt. 2 Gedung Rektorat dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (7/6/2021).

Pertemuan virtual ini dihadiri Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI beserta jajaran. Adapun dari Unhas yakni Rektor Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., para dekan, direktur dan ketua lembaga.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dwia menyampaikan rasa terima atas kesediaan Kemenparekraf menyediakan waktu untuk Unhas. Meskipun pertemuan ini berlangsung virtual, namun substansinya untuk turut berkontribusi dalam mendukung peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menjelaskan terkait posisi dan keadaan Unhas sebagai satu entitas besar yang juga mengedepankan unsur humanity. Saat ini Unhas masuk dalam 10 besar PTN terbaik di Indonesia. Beberapa waktu lalu, juga memperoleh prestasi membanggakan dalam THE Impact Rangking SDGs dengan menempatkan Unhas pada ranking dunia di posisi 79, posisi ke-10 Asia dan peringkat 2 nasional.

“Kami memiliki SDM yang besar. Prestasi Unhas sudah cukup baik hingga tingkat global, lebih 50% prodi telah direkognisi oleh lembaga akreditasi internasional seperti AUN-QA, ASIIN, ABET dan ABEST21. Lulusan Unhas memiliki kualifikasi dan dapat bersaing di kancah global,” jelas Prof. Dwia.

Sejalan dengan komitmen untuk terlibat secara aktif dalam peningkatan sektor pariwisata, Unhas telah mencanangkan pembukaan prodi pariwisata jenjang sarjana. Juga sedang dipersiapkan pendidikan vokasi destinasi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dengan demikian, Unhas sebagai lembaga pendidikan tinggi siap mendukung Kemenparekraf dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Kami juga tengah merampungkan pembangunan hotel yang dapat bersinergi dengan prodi pariwisata yang akan dihadirkan. Nantinya mahasiswa bisa melakukan praktek di sana,” sambung Prof Dwia.

Riset dan inovasi terkait pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis keunggulan dan keunikan sumber daya lokal juga dilakukan Unhas.  Hal ini sebagai langkah memberi solusi terkait permasalahan bangsa. Selain itu, juga untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini menjadi modal untuk bekerja sama dengan Kemenparekraf.

News Feed