by

Suriah Nyatakan Perang atas Israel

FAJARKORAN.CO.ID, DAMASKUS  — Dini hari Rabu 9 Juni 2021, pasukan militer Suriah menembakkan pertahanan udara untuk menangkal  “agresi Israel” di langit ibukota, Damaskus.

Sebuah sumber dari militer Suriah menyatakan bahwa mereka tengah menghadapi serangan Israel dari arah wilayah udara Lebanon.

Direktur Kajian Timur Tengah, Amirullah Kandu, melaporkan, media lokal menyebut beberapa kali terjadi ledakan di langit ibu kota Suriah, Damaskus. Pejuang Suriah menyebut rudal-rudal Israel tersebut mungkin menargetkan pos-pos milisi yang didukung Iran.

Menurut Amirullah, beberapa media lokal melaporkan bahwa serangan tersebut mengarah ke wilayah tengah dan Selatan Suriah, khususnya Provinsi Homs yang berbatasan langsung dengan Lebanon.

Serangan ini merupakan serangan rudal pertama dalam bulan Juni. Sebelumnya terjadi serangan serupa yang menargetkan pesisir Latakia, dekat pangkalan udara Rusia, pada tanggal 5 Mei 2021 lalu.

Beberapa sumber intelejen Barat mensinyalir serangan Israel ini atas persetujuan Amerika Serikat dalam rangka perang rahasia melawan Rusia yang menjadi pendukung utama Suriah.

Serangan ini juga merupakan anti-Iran yang dilancarkan Israel, mengingat Iran bagi Israel adalah ancaman besar, baik datang dari faksi-faksi bersenjata maupun atas program nuklirnya. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed