by

FISIP Unhas dengan Untan Sepakati Kerja Sama Pengembangan Perbatasan Indonesia-Malaysia

FAJARKORAN.CO.ID, SAMBAS  — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyepakati kerja sama dengan FISIP Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak.

Naskah kerja sama dalam bidang Tridharma pendidikan tinggi ini ditandatangani Dekan FISIP Unhas dan Dekan FISIP Untan disaksikan Kasubdit Pengembangan Kawasan Aru, PLBN Aruk, Yul Ruminda, di Pos Perbatasan Lintas Negara (PLBN) Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Jumat (11/6/2021).

Dalam pengantarnya, Dekan FISIP Untan, Dr. Martoyo, menyambut hangat kerja sama ini. Selain untuk mendukung kolaborasi pengembangan perbatasan Indonesia-Malaysia, juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi kedua pihak.

“Kita dapat menjajaki banyak kolaborasi, baik pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Semoga hal ini membawa manfaat,” kata Martoyo.

Sementara Dekan FISIP Unhas, Prof. Dr. Armin, M.Si, menjelaskan bahwa, berharap dapat mengambil bagian dalam upaya pengembangan kawasan perbatasan. Saat ini, Unhas telah masuk dalam jajaran World Class University, sehingga perlu meningkatkan peran pada tingkat internasional.

“Kami lihat potensi pariwisata kawasan perbatasan sangat potensial dikembangkan. Pemerintahan Jokowi telah memfasilitasi infrastruktur perbatasan yang membanggakan. Maka kita sebagai akademisi perlu menindaklanjuti dengan pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya berbasis pariwisata,” terang Armin.

Kasubdit Pengembangan Kawasan Aruk, Yul Ruminda, sangat mengapresiasi kunjungan rombongan Unhas dan Untan. Hal ini diyakini akan makin meningkatkan pengembangan kawasan perbatasan.

“Kawasan PLBN Aruk ini masuk sebagai salah satu kawasan percepatan yang telah ditetapkan oleh Presiden. Maka kami butuh kolaborasi berbagai pihak, termasuk akademisi,” ungkap Yul Ruminda.

Usai penandatanganan kerja sama, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan kawasan perbatasan. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed