by

FMIPA Unhas Gelar Konferensi Nasional Ilmu Komputer Ke-5

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Program studi (Prodi) Sistem Informasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan tahunan Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) Ke-5 Tahun 2021, diprakarsai oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM).

Kegiatan bertajuk “Percepatan MBKM Bidang TIK Melalui Kolaborasi Internasional dan Nasional” berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting serta siaran langsung pada kanal Youtube, Sabtu (12/6/2021).

Mengawali kegiatan, Dr. Eng Amiruddin M.Si selaku Dekan Fakultas MIPA Unhas, dalam sambutannya menyampaikan apresisasi terhadap kegiatan konferensi ini. Terlebih kontribusi oleh mahasiswa yang tergabung dalam prodi Sistem Informasi se-Indonesia.

Melalui forum konferensi tersebut, mahasiswa melatih diri menulis artikel, sehingga akan memudahkahan dalam kepenulisan karya ilmiah yang akan disubmit ke jurnal nasional dan internasional yang terindeks Sinta dan Scopus.

“Kegiatan konferensi akan lebih memperkuat pembekalan mahasiswa  menyusun skripsi. Sehingga diharapkan dapat berpengaruh kepada masa studi yang lebih singkat,” jelas Prof. Amiruddin

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Aptikom Indonesia, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D., dalam sambutannya menuturkan KONIK tidak hanya sebatas pada forum seminar, tapi akan ditingkatkan melalui makalah yang dipublikasi e-Prosiding Konferensi terindeks Google Scholar dan diusulkan ke jurnal nasional dan internasional  yang terindeks Sinta dan Scopus.

“Melalui forum KONIK ini, maka akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk saling berbagi ide dan berdiskusi dalam bidang ilmu komputer. Sehingga, mahasiswa diharapkan bersinergi menjadi SDM yang berdaya saing bagi bangsa melalui bidang penelitian,” ungkap Prof. Zainal.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, mewakili Rektor Unhas. Dalam sambutan, Prof. Restu menyampaikan forum kerja sama yang dilakukan prodi Sistem Informasi Unhas dan Aptikom sangat berperan aktif mengembangkan keilmuan informasi dan komputer di Indonesia.

Unhas sangat mendukung proses konferensi, terlebih setiap kegiatan konferensi terus mendapatkan dukungan dari Aptikom.

“Ini adalah langkah yang baik untuk menghadapi tantangan pada era teknologi informasi, revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Olehnya itu, dibutuhkan keahlian untuk beradaptasi pada perkembangan keilmuan informasi dengan menyajikan hasil riset dan kegiatan praktis sesuai dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM),” jelas Prof. Restu.

News Feed