by

Puncak HUT ke-15, IKAT Unhas Gelar Seminar Nasional

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Sekolah Pascasarjana Unhas melalui Ikatan Alumni Transportasi (IKAT) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Integritas Moda Transportasi untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Sebagai Penguatan Pembangunan IKN dan Indonesia Bagian Timur”.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, di Maccora Balroom, The Rinra Hotel, Makassar. Seminar juga terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Minggu (13/6/2021).

Mengawali kegiatan, Ketua IKAT SPs, Ir. Zepnat Kambu, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan seminar yang diadakan kali ini adalah puncak perayaan HUT ke-15 berdirinya IKAT.

Melalui seminar ini, IKAT ingin berkontribusi dalam perkembangan bidang sistem transportasi di Indonesia, serta mendapatkan arahan kebijakan pemerintah di Ibu Kota Negara Baru (IKN) khususnya pada kebijakan sektor transportasi bagi perkembangan Indonesia Timur.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa pembangunan harus dilakukan dari pinggiran untuk kemerataan wilayah Indonesia. Hal ini termuat dalam poin ketiga dari Nawacita, Jokowi-JK menebalkan frase ‘membangun Indonesia dari pinggiran’. Pembangunan tak lagi terpusat di perkotaan, melainkan harus dilakukan menyebar di seluruh pelosok secara terdesentralisasi,” jelas Ir. Zepnat.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Rektor Unhas, Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Dr  Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Ph.D, mengatakan bahwa IKA Transportasi adalah salah satu ikatan alumni yang aktif. Unhas sendiri selalu mendapat amanah untuk berpartisipasi dalan pengembangan dan kemajuan Indonesia khusunya pada bidang sistem transportasi.

“IKAT ini seperti namanya selalu mengikat kita dalam tali kebersamaan melalui berbagai kegiatan yang positif dan produktif yang selalu membawa nama baik Unhas,” ungkap Prof. Jamaluddin.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Dr. H. Muhammad Arafah, ST.,MT. Dalam sambutannya, dia menyampaikan Sulawesi Selatan menjadi pintu gerbang untuk Indonesia Timur yang memiliki potensi konektivitas wilayah melalui pembangunan infrastruktur, sehingga mampu menjangkau seluruh wilayah dengan sistem transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

News Feed