by

Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin Peringati Ulang Tahun Ke-2

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos, menghadiri sekaligus memberikan kata sambutannya pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-2 Skadron Udara (Skadud) 33, di Hanggar Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Senin, (14/6/2021).

Kegiatan peringatan HUT Skadron Udara 33 dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas keberadaan Skadron Udara 33 hingga di usia ke-2 sekaligus apresiasi kepada anggota yang telah berprestasi dalam berbagai kegiatan dan kinerjanya.

“Hingga di usianya tahun ke-2 pada tanggal 14 Juni 2021, hari ini, Skadron Udara 33 telah menunjukkan peranan yang besar dalam mendukung berbagai tugas pemerintah, juga pelaksanaan berbagai operasi dan latihan atas nama Mabes TNI, maupun Mabes TNI AU,” ungkap Dalanud Sultan Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos, ketika memberikan sambutan. 

Menurutnya, beberapa tugas terkini yang telah dilaksanakan, seperti dukungan Search dan Rescue (SAR), evakuasi, dan bantuan logistik kepada warga masyarakat yang terdampak bencana alam di wilayah Nusantara.

Sementara itu, acara peringatan HUT ke-2 Skadron Udara 33 ini, dihadiri Danwing 5 Kolonel Pnb Vincentius Endy Hadi Putra, Dan Yonko 466 paskhas, para Kadis, Komandan Satuan jajaran Lanud Sultan Hasanuddin, dan para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin, serta segenap anggota Skadron Udara 33. Sedang puncak acara, meliputi pemotongan tumpeng, kue ulang tahun, sambutan dan ramah-tamah.

Kesempatan ini, dibacakan sejarah terbentuknya Skadron Udara 33, yang awalnya di pimpin oleh Letkol Pnb Agus Rohimat, MAvnMgt, Psc, masa jabatan 2019-2020, dan saat ini sebagai Komandan Skadron Udara 33 kedua di pimpin oleh Letkol Pnb Ari Susiono, S.E.

Ari Susiono merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara Tahun 2001. Saat ini Skadron Udara 33 diperkuat empat unit pesawat C-130 Hercules, serta memiliki personel yang selalu siap sedia untuk mengawaki burung-burung besi kebanggaan rakyat Indonesia.

Skadron Udara 33 bertugas menyiapkan dan mengoperasikan pesawat angkut berat untuk melaksanakan operasi dukungan udara dan operasi SAR terbatas. Dalam meningkatkan kualifikasi crew yang mengawaki C-130 Hercules, dilaksanakan beberapa program latihan perorangan di antaranya program Transisi, Upgrade Kualifikasi, Refreshing, Profisiensi, Konversi, Kaptensi, dan Spesialisasi.     

News Feed