by

Unhas dengan Pemkab Banggai Laut Kerja Sama Pendampingan Pembangunan Daerah

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Laut dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) dalam Bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Daerah. 

MoU ditandatangani Bupati Kabupaten Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH, dan dan Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Senin (14/6),.

Turut hadir, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur (Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil), Direktur Komunikasi Unhas (Ir. Suharman Hamzah, Ph.D), dan beberapa dosen Unhas.

Dalam pengantarnya, Bupati Banggai Laut menuturkan bahwa alasan dirinya memilih bermitra dengan Unhas adalah karena adanya kesamaan visi antara Unhas dan Kabupaten Banggai Laut, yaitu visi kemaritiman. Hanya enam perguruan tinggi di Indonesia yang direkomendasikan BNPP untuk bidang kemaritiman ini.

“Kami butuh pendampingan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan daerah. Kami sangat berharap Unhas dapat mengambil peran dalam hal itu,” kata Sofyan.

Rektor Unhas menyambut hangat keinginan tersebut.  Unhas telah memiliki pengalaman yang luas dalam pendampingan pembangunan daerah, penguatan SDM, dan merancang pembangunan berbasis ilmu pengetahuan.

“Kita siap mendesain pembangunan Banggai Laut untuk kemajuan daerah. Ada banyak model dan pengalaman, dan banyak ahli yang dapat kita berdayakan untuk tujuan tersebut,” ujar Prof. Dwia.

Turut hadir dalam rombongan Bupati Banggai Laut adalah Pj. Sekretaris Daerah (H. Ramli, SKM.MM), beberapa kepala Badan dan Kepala Dinas di lingkup Banggai Laut. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed