oleh

MWA Unhas Setujui Pembukaan Prodi D4 Teknologi Pakan Ternak dan Agribisnis Peternakan

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan rapat terbatas dalam rangka membahas persetujuan pembukaan Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Pakan Ternak dan Agribisnis Peternakan pada Fakultas Peternakan, pada kegiatan berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (15/6).

Sesuai mandat statuta Unhas sebagai PTN Badan Hukum, pembukaan program studi baru membutuhkan persetujuan MWA sebagai salah satu organ dalam tata kelola kampus.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua MWA Unhas Komjen Pol (purn) Dr. (HC). Drs. Syafruddin, M.Si dan dihadiri para anggota MWA, Senat Akademik, Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Dekan Fakultas Peternakan beserta Tim Gugus Tugas Pembukaan Prodi D4 Teknologi Pakan Ternak dan Agribisnis Peternakan.

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menjelaskan kedua prodi tersebut dikembangkan sesuai kerja sama Unhas dengan pemerintah daerah dalam hal pendirian pendidikan vokasi.

Prodi sarjana terapan Teknologi Pakan Ternak merupakan prodi yang akan dihadirkan pada pendidikan vokasi Unhas di Kabupaten Barru. Sementara itu, untuk prodi sarjana terapan Agribisnis Peternakan akan hadir di Kabupaten Soppeng.

“Prodi ini disesuaikan dengan kebutuhan daerah guna mendukung penyiapan sumber daya manusia yang dapat mengelola dan meningkatkan potensi daerah. Meskipun demikian, prodi ini akan terbuka secara umum bagi masyarakat di luar Kabupaten Barru dan Soppeng,” jelas Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan pembentukan prodi selain mendukung pengetahun, disisi lain diharapkan dapat menghasilkan tenaga yang menjadi penggerak kebutuhan daerah.  Beliau berharap, kedua prodi ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas dari berbagai aspek.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc., memberikan gambaran terkait kedua prodi. Beliau menjelaskan untuk prodi vokasi D4 Teknologi Pakan Ternak di Barru memiliki tiga keunggulan dari aspek pengembangan keahlian, kajian capaian pembelajaran dan kurikulum jika dibandingkan dengan prodi sejenis pada lembaga pendidikan lain seperti  Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

News Feed