by

14 Mahasiswa Unhas Lolos Seleksi Program IISMA Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.  Hal ini sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan panitia IISMA pada Minggu (13/06).

IISMA merupakan salah satu program unggulan Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan kepada mahasiswa melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampus pada perguruan tinggi luar negeri.

Direktur Pendidikan Unhas Dr. Ida Leida M, SKM., M.KM., M.ScPH, dikonfirmasi, Kamis (17/6/2021), menjelaskan, program ini membuka peluang kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah atau kegiatan yang dapat disetarakan dengan mata kuliah di luar kompetensi prodi.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud Ristek untuk menempuh pembelajaran di perguruan tinggi luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbud selama satu semester yang kegiatannya disetarakan hingga 20 sks, dengan mengambil mata kuliah dan aktivitas pengembangan diri yang diminati.

“Mahasiswa kita banyak yang tertarik dalam program ini. Namun, salah satu syarat Kemendikbud bagi mereka yang sudah mengikuti program Kampus Merdeka utamanya yang telah mendapatkan pendanaan, tidak dapat mengikuti IISMA. Awalnya sekitar 100 orang yang daftar. Akan tetapi, setelah melalui proses seleksi administrasi hanya 37 yang kami kirimkan namanya dan mengikuti seleksi dari pihak Kemendikbud Ristek hingga dinyatakan 14 yang berhasil lolos,” jelas Dr. Ida.

Lebih lanjut, Dr. Ida juga menyampaikan kebanggaannya atas mahasiswa Unhas yang berhasil mengikuti program IISMA.

Jumlah peserta lolos melebihi perkiraan, mengingat proses seleksi yang cukup ketat dan diikuti oleh seluruh PTN dan PTS se-Indonesia. Olehnya itu, beliau berharap agar kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk peningkatan pengetahuan dan jejaring.

Dengan adanya keikutsertaan mahasiswa Unhas dalam program IISMA maka secara langsung ataupun tidak berdampak pada upaya Unhas yang terus mengoptimalkan diri dalam dunia internasional.

Tidak hanya itu, akan memberikan dampak positif terhadap citra Unhas di Universitas luar negeri yang diharapkan dapat membantu dalam hal peningkatan mahasiswa outbound dan jejaring yang mengglobal.

News Feed