by

800 Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Resmi Diterima Pemkab Jeneponto

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Setelah dilepaskan secara resmi pada Selasa (15/6), sebanyak 800 mahasiswa kesehatan Universitas Hasanuddin yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Angkatan ke-60 yang mengusung tema “Akselerasi Pengendalian Covid-19 Untuk Jeneponto Sehat dan Smart” secara resmi diterima oleh jajaran pemerintah Kabupaten Jeneponto, Kamis (17/6/2021).

Para Camat antusias menerima mahasiswa KKN di kantor kecamatan masing-masing. Setiap desa terdiri dari 10 hingga 12 mahasiswa dengan didampingi oleh seorang supervisor.

Kegiatan KKN-PK tahun ini berpusat di Kabupaten Jeneponto. Para peserta disebar pada 10 kecamatan yakni Kecamatan Bangkala, Kecamatan Bangkala Barat, Kecamatan Tamalatea, Kecamatan Bontoramba, Kecamatan Kelara, Kecamatan Binamu, Kecamatan Turatea, Kecamatan Batang, Kecamatan Arungkeke dan Kecamatan Tarowang.

Ketua Pengelola KKN Profesi Kesehatan Unhas, dr. Irwin Aras, M.Epid., M.Med.Ed., menyampaikan alasan pemilihan lokasi di Kabupaen Jeneponto. Dirinya mengatakan pada pelaksanaan sebelumnya, Kabupaten Jeneponto memberikan kesan positif bagi mahasiswa dan kampus.

“Kami sangat berbahagia disambut luar biasa oleh pemerintah daerah. Bagi kami, Kabupaten Jeneponto sudah seperti rumah dalam melaksanakan KKN. Kami sudah beberapa kali membawa mahasiswa di sini dan tidak pernah sekalipun mendapatkan kesan negatif. Kami sangat mengharapkan bantuan pak camat, pak kepala desa untuk memantau posko mahasiswa. Semoga pelaksanaan KKN berjalan lancar dan memberikan banyak kontribusi terhadap masalah kesehatan di era pandemi Covid-19,” jelas dr. Irwin.

Mahasiswa KKN berasal dari sembilan prodi bidang kesehatan meliputi:

– Pendidikan Dokter 284 orang,

– Pendidikan Dokter Gigi 103 orang,

– Kesehatan Masyarakat 77 orang,

– Ilmu Keperawatan 110 orang,

– Farmasi 27 orang,

– Ilmu Gizi 67 orang,

– Fisioterapi 54 orang,

– Psikologi 17 orang dan

– Kedokteran Hewan 61 orang.

Peserta terdiri dari 149 laki-laki dan 651 orang perempuan. Selama pelaksanaan KKN, mahasiswa akan didampingi 21 satgas dan 35 supervisor.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Jeneponto, Dr. dr. H. M. Syafruddin Nurdin, M.Kes., sangat bersemangat menyambut mahasiswa Unhas. Menurutnya, pemilihan lokasi pengabdian telah melalui proses panjang dan penuh pertimbangan. Akan tetapi, Unhas memiliki kepercayaan terhadap pemerintah Jeneponto.

News Feed