by

Prodi MSP Unhas Penyuluhan dan Demo Pengolahan Limbah Rumah Tangga

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  —  Program Studi (Prodi) Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Departemen Perikanan, Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, dengan memberikan penyuluhan,  serta mendemonstrasikan pengolahan limbah rumah tangga masyarakat pesisir, di Kelurahan Losari, Kota Makassar, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 40 peserta (luring 20 orang dan daring 20 orang), menghadirkan Ketua Prodi MSP Departemen Perikanan FKP Unhas, Dr. Nadiarti, MSc, serta Lurah Losari, Syahrial Syamsuri, S.IP.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Dr. Khusnul Yaqin, menyebutkan kegiatan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Masyarakat Pesisir Kelurahan Losari Kota Makassar, diharapkan untuk mengurangi pencemaran laut. “Kegiatan berupa penyuluhan dan demo, yang berlangsung secara hibrid (peserta mengikuti secara luring dan daring),” jelasnya.

Disebutkan Khusnul Yaqin, diharapkan dari kegiatan ini, dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan dalam mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk yang dapat meningkatkan penghijauan dan penghasilan tambahan.

Pada kesempatan ini, Ketua Prodi MSP Departemen Perikanan FKP Unhas, Dr. Nadiarti, MSc, menyerahkan 1 unit alat compster kepada Lurah Losari, Syahrial Syamsuri, S.IP. “Alat ini diberikan kepada warga kelurahan Losari untuk digunakan sebagai percontohan pengolahan sampah organik yang akan menghasilkan pupuk cair, kompos,” pungkas Dr. Khusnul Yaqin. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed