by

Unhas dan Bappelitbangda Kabupaten Wajo Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Wajo sepakat melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Ketua LPPM Unhas (Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si.), dan Kepala BAPPELITBANGDA (Andi Pallawarukka, S.Ip). Kegiatan telah berlangsung pada Senin (14/06) lalu di Kabupaten Wajo.

Melalui wawancara pada Kamis (17/06) bersama Ketua LPPM Unhas Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si., menjelaskan Unhas dan Kabupaten Wajo telah lama menjalin kerja sama. Untuk PKS kali ini berfokus pada kolaborasi riset yang diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap pembangunan daerah.

“Salah satu fokus utama riset yang dilakukan terkait  pembangunan objek wisata budaya di Tosora yang merupakan awal munculnya kerajaan Wajo. Di lokasi tersebut akan dibangun objek pariwisata dan tentu 7diperlukan penelitian awal untuk studi kelayakan sekaligus mengakomodir potensi kawasan,” jelas Prof. Unde.

Lebih lanjut, Prof. Unde menambahkan juga dilakukan kajian  bidang kelautan dan perikanan seperti pada ikan bungo. Hal ini penting guna melihat kondisi pelestarian dan menelaah lebih mendalam pada aspek lingkungan perairan.

Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai bahan rekomendasi pemerintah setempat terkait kelayakan konsumsi maupun potensi ekspor, mengingat ikan bungo banyak di daerah tersebut. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed