by

Mengenal Prodi Magister FMIPA Unhas (Part II)

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi ke-128 dengan tema “The Scientist Next Level: Seputar Prodi Magister Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unhas (Part II)”. 

Edisi yang khusus membahas program studi magister ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Jumat (18/6). Menghadirkan narasumber, Dr. Eng. Amiruddin, M.Si, Dekan Fakultas MIPA Unhas.

Menurut Dr. Amiruddin,  setiap departemen di FMIPA memiliki prodi magister yakni prodi Geofisika, Fisika, Matematika, dan Statistika.

Pada proses pembelajaran, prodi magister FMIPA memiliki kurikulum dengan memuat beban studi minimal 36 sks dan maskimal 42 sks, terdiri atas mata kuliah wajib program studi sebanyak 6 sampai dengan 9 SKS, mata kuliah pilihan pendukung keahlian/peminatan sebanyak 10 sampai 13 SKS, seminar proposal penelitian tesis 2 SKS dan untuk seminar hasil penelitian tesis 4 SKS.

Untuk mendukung proses pembelajaran, FMIPA memiliki fasilitas dengan sarana prasarana yang memadai sehingga dapat bermanfaat untuk pengembangan keilmuan dan pengetahuan mahasiswa. Selain itu, sumber daya manusia yang tersedia memiliki kualifikasi unggul berdaya saing, yakni dengan jumlah sekitar 140 tenaga dosen pengajar, 70% di antaranya bergelar akademik doktor.

“Fakultas memfasilitasi mahasiswa magister dengan ruang laboratorium yang dilengkapi dengan komputer dengan software tercanggih untuk menunjang pembelajaran. Diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pendidikan, sebagai lulusan yang memiliki kapasitas, karakter dan kompetensi ilmu, intelektualitas serta pembelajaran yang adaptif dan kreatif,” jelas Dr. Amiruddin.

Profil lulusan mahasiswa magister FMIPA Unhas dapat bersaing di dunia kerja pada bidang aspek pemerintahan, serta berkarir sebagai peneliti. Melalui ilmu sains alamiah dasar (dengan dukungan matematika) alumni dapat menerapkan hasilnya melalui pemberdayaan masyarakat untuk memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan serta pelestarian lingkungan.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Jasmine Istighfarina Hasan (Student Volunteer Unhas) dan diikuti secara live lebih kurang 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed