by

Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-Unhas Workshop Biostatistik dan Epidemiologi Klinis

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNHAS menggelar Workshop Clinical Epidemiology and Practical Biostatistics. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Jum’at (18/6) dengan bekerasama dengan Clinical, Research Development, and Publication (CRP) unit.

Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak Dr. dr. Aidah Juliaty A. Baso, SpA(K)., SpGK, menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidikan dalam bidang penelitian dan publikasi.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan workshop ini, dimana peserta diharapkan memiliki tambahan ilmu dan skil baru terkait penelitian dan keterampilan biostatistik.  Kami berharap, semua peserta mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga dapat mendorong peningkatan publikasi berkualitas yang dihasilkan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas,” kata Aidah.

Workshop terselenggara atas kerja sama dengan CRP FK Unhas, yang dikoordinasikan oleh Dr. dr. Rina Masadah, Sp.A(K), M.Phil, DFM.  Tim CRP merupakan dosen-dosen muda FK yang memiliki rekam jejak pelatihan dan kapabilitas dalam bidang statistik dan publikasi.  Kompetens tersebut sangat menunjang pelaksanaan workshop.

Dekan FK Unhas, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), MEd.Ed, Ph.D memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan workshop.  Dalam keterangan secara terpisah, Prof. Budu menyampaikan bahwa workshop ini bermanfaat sebagai wadah bagi dosen dan tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pribadi.

“Melalui wadah ini, dosen-dosen dapat mendalami teknik pengumpulan data, manajemen data, dan analisis data dalam suatu penelitian.  Sehingga, dapat dihasilkan karya tulis yang berkualitas sebagai outpun publikasi yang unggul,” kata Prof. Budu.

Workshop dihadiri 34 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan residen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas. Beberapa materi yang disajikan antara lain: Statistik Deskriptif, Prinsip Uji Statistik, Perbandingan Variabel Numerik, Korelasi dan Regresi Linear, Sample Size, Penelitian Diagnostik dan Uji Validasi. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed