by

Fakultas Hukum dan PMC Unhas Gelar Workshop Publikasi Internasional

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- akultas Hukum Universitas Hasanuddin kerja sama Publication Management Center (PMC) menyelenggarakan Workshop Standarisasi Manuskrip untuk Publikasi Internasional tahun 2021. Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., MH) yang berlangsung pukul 19.30 Wita di Ruang Wajo, Hotel Novotel, Makassar, Jumat (18/06).

Pada kesempatan wawancara, Sabtu (19/06), Ketua Tim Taskforce FH Unhas Ahsan Yunus, S.H., M.H., menjelaskan kegiatan ini merupakan inisiasi pimpinan fakultas dalam rangka memenuhi target capaian publikasi internasional 2021 yang menjadi salah satu kontrak kinerja fakultas dengan universitas.

“Target kinerja tahun ini minimal 40 publikasi internasional bereputasi. Dekan membentuk task force beranggotakan para dosen muda dengan jejak publikasi yang baik serta didukung oleh PMC. Pola standarisasi manuskrip dilakukan secara intensif. Saat ini, total ada 43 naskah telah masuk pada tahap editing. Kami optimis bisa mencapai target,” jelas Ahsan.

Direktur PMC, Muhammad Arsyad, SP., M.Si., Ph.D., menjelaskan dalam workshop ini pihaknya berperan mendukung dan membantu proses identifikasi manuskrip potensial dari Fakultas Hukum agar sesuai dengan jurnal atau penerbit yang dituju.

“PMC juga bertugas melakukan perjanjian dengan penerbit yang bersesuaian dengan ruang lingkup draft manuskrip. Kami berharap rejection rate submission akan semakin berkurang jika dibandingkan dengan submit paper tanpa standarisasi yang ketat. Tidak lupa kita juga mengusahakan terhindar dari publikasi di suspended journal,” ungkap Arsyad.

Jiika semua manuskrip berhasil terpublikasi pada jurnal bereputasi baik, maka berdampak pada sitasi fakultas sebagai salah satu indikator utama Unhas dalam World Class University (WCU). Dengan demikian, Unhas akan berkontribusi pada peningkatan research impact terhadap sesama perguruan tinggi, pemerintah maupun industri. Jadi, ada aspek kebermanfaatan yang menunjukkan bahwa Unhas bukan hanya mengejar jumlah publikasi.

Dijadwalkan kegiatan akan berlangsung hingga esok hari (Minggu, 20/06), hasil dari pertemuan tersebut adalah naskah yang siap disubmit. (*/mir)

News Feed