oleh

Bupati Takalar : Dengan Bahan Murah pun Kita Bisa Berinovasi

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Bupati Takalar, Syamsari Kitta mendorong seluruh pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar berinovasi dengan memanfaatkan sumber yang ada. Bahkan dengan bahan murah sekali pun, bisnis Bumdes bisa tetap jalan dan menghasilkan.

Dia mencontohkan pembuatan garam yang bahannya murah, yakni garam. Bumdes yang berada di pesisir bisa saja membuat produk garam bukan hanya untuk konsumsi, tetapi untuk kebutuhan industri. Menurutnya, industri kesehatan dan kecantikan juga membutuhkan garam untuk produk-produknya.

“Jadi dalam mengelola Bumdes itu kita utamakan mengambil sumber daya yang murah dan mudah didapat, sehingga biaya produksi rendah dan bisa continyu,” kunci Syamsari pada acara penguatan Bumdes se Takalar di Almadera Hotel, Makassar, Senin (21/6/2021).

Hal serupa juga dapat dilakukan oleh Bumdes pembuat pakan. Dengan memanfaatkan limbah sampah rumah tangga, itu sudah bisa menghasilkan produk pakan bernilai jual.

Yang tak kalah pentingnya, pengelola Bumdes agar terus memperbaharui wawasannya tentang produksi dan pasaran. Sebab hal itu akan sangat membantu dalam menarik minat konsumen, baik di dalam maupun luar negeri. (rls/aha)

News Feed