oleh

UMI Tingkatkan Kompetensi Dosen Melalui Pelatihan Pekerti/AA

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Muslim Indonesia (UMI) bersama 54 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia mengikuti pengarahan pelaksanaan pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) atau Applied Approach (AA), secara virtual melalui zoom meeting, Senin (21/6/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka memenuhi undangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Berdasarkan surat nomor 1688/E4/KK.01.01/2021 tertanggal 20 Juni 2021 perihal pelaksanaan Program Sertifikasi Pendidik untuk Dosen dan menindaklanjuti hasil seleksi proposal penyelenggara pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional Pekerti/AA.

Saat dikonfirmasi, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, M.Si., yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, “Arahan yang disampaikan lebih ke materi pelatihan,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Prof. Rauf menambahkan, materi pelatihan diharapkan sesuai dengan materi pelatihan sebelumnya. “Dengan catatan, materi tersebut bisa diperkaya dengan tambahan materi baru tapi tidak mengurangi jumlah materi yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Adapun narasumber, jika dirasa kurang maka untuk mengakomodir kekurangan tersebut diminta untuk melakukan Training of Trainer (ToT) terlebih dahulu. “Boleh menambah narasumber tapi yang sudah bersertifikat,” imbuhnya.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI ini mengungkapkan, pelatihan dimulai pada saat diterbitkan surat penetapan perguruan tinggi yang diberi kepercayaan atau kewenangan untuk menyelenggarakan pelatihan.

“Pelatihan Pekerti/AA ini di samping untuk persyaratan sertifikasi, yang terpenting adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen, terutama dosen muda, maka dulu dikatakan bahwa pelatihan Pekerti/AA ini sebagai SIM untuk  dosen,” jelas Prof. Rauf.

Dikatakan pula, dalam pelatihan tersebut dosen diajarkan bagaimana mengimplementasikan atau mentransfer ilmunya kepada mahasiswa.

“Melalui pelatihan ini kami berharap semua dosen yang ada di UMI kualitasnya lebih meningkat, karena kalau sudah mengikuti pelatihan Pekerti/AA berarti dosen tersebut sudah mampu untuk menerapkan metode pembaelajaran yang selama ini diterapkan kepada mahasiswa,” tutupnya. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed