oleh

Bahasa Mandarin Berperan Menunjang Karier di Era Merdeka Belajar

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (FIB Unhas) menyelenggarakan seminar daring.

Webinar itu mengangkat tema tentang “Peran Bahasa Mandarin dalam Persiapan Karier di Era Merdeka Belajar”, Sabtu, 26 Juni. Seminar daring ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Akin Duli, MA.

Prof Akin menjelaskan, peluang lulusan prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok untuk berkarier di masa depan.

Ada tiga narasumber dari bidang keahlian yang berbeda menjadi pembicara. Pertama, Sukma, S.S., M.TCSOL yang merupakan lulusan program magister Teaching Chinese to Speakers of Other Languages di Nanchang University, China.

Sukma yang saat ini menggeluti bidang praktisi pengajaran Bahasa Mandarin sebagai dosen. Dia juga mendirikan sebuah lembaga belajar Bahasa Mandarin yaitu Bengkel Ilmu.

Sukma dalam seminar itu banyak menjelaskan, seputar bagaimana Bahasa Mandarin khususnya di bidang pendidikan sangat dibutuhkan. Perlu disadari bahwa Bahasa Mandarin ini akhirnya mampu menjadi ancaman bagi Bahasa Inggris di Era Merdeka Belajar saat ini.

Narasumber kedua, Bagas Deka Kurtianto, B.E., M.P.A., yang merupakan Direktur Utama PT. Deka Hikmah Karya dan juga PT. Aplikasi Cari Bos. Dia juga merupakan lulusan program magister Public Administration di Shanghai University of Finance and Economics. Selain itu kini menjabat Ketua Umum HIPMI Tiongkok. Dia banyak berbagi pengalaman selama 18 tahun di negeri tirai bambu, China, bagaimana Bahasa Mandarin membantu pengembangan kariernya.

Fitryani Bukri, S.S. juga berbagi pengalaman terkait pentingnya Bahasa Mandarin. Lulusan Unhas dan program diploma di Xiamen University ini kini menjabat sebagai West-EU Logistic Operation Specialist Manager di Alibaba Group, China. Pengalaman berjuang di negeri tirai bambu mulai dari nol hingga berhasil di Alibaba Group, salah satu faktornya penguasaan terhadap Bahasa Mandarin.

Adapun seminar daring ini memberikan gambaran karier kepada lulusan PS BMKT. Selain itu, dapat memberi input bagi PS BMKT yang selalu mengupdate proses pembelajarannya mengikuti pasar dan kemajuan teknologi.

News Feed