by

PLN Dukung UMKM di Wisata “Bolangi Ampat”

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Menjajakan jualan di daerah wisata lebih cepat laris. Apalagi kalau wisata tersebut banyak pengunjungnya.

Peluang itu dilihat PLN dengan memberi dukungan kepada UMKM di daerah Wisata Bolangi Ampat.

PLN awal Juni lalu, telah memberi bantuan dengan membangun rest area dan 10 unit Container Box untuk UMKM berjualan ditambah dengan meja, kursi dan sedikit dekorasi untuk mempercantik sebesar Rp70 juta.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi (UIP Sulawesi) Nur Akhsin menyampaikan, melalui program PLN Peduli membantu meningkatkan perekonomian di Desa Timbuseng dengan memajukan UMKM. Sehingga UMKM di Desa Timbuseng dapat meningkatkan pengelolaan Wisata Bolangi Ampat.

“Kami berharap dengan adanya tempat peristirahatan sementara yang nyaman dapat menjadi nilai tambah untuk wisatawan yang datang ke Wisata Bolangi Ampat,” Nur Akhsin.

Dijelaskan Nur Akhsin, pandemi Covid-19 ini masih berlanjut dan keuangan UMKM belum sepenuhnya membaik. Terutama untuk UMKM di bidang pariwisata yang bergantung kepada kunjungan wisatawan untuk melanjutkan usahanya.

“PLN berkomitmen untuk senantiasa mendorong pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19 salah satunya dengan membantu UMKM,” jelasnya.

Kepala Desa Timbuseng, Rabaking menerangkan, wisata Bolangi Ampat menawarkan keindahan alam Waduk Bilibili dari ketinggian. Pemandangan tumpukan tanah di tengah Waduk menjadi daya tarik.

Hanya saja, sarana dan prasarana pendukung wisata masih kurang memadai. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor kurangnya minat wisatawan berkunjung, ditambah situasi pandemi jumlahnya semakin menurun.

“Saya berharap dengan adanya bantuan ini ekonomi masyarakat Desa Timbuseng akan meningkat. Agar wisatawan yang berkunjung dapat bersantai dan menikmati pemadangan di tempat peristirahatan sementara itu nantinya,” tutur Rabaking. (tam)

News Feed