by

Dosen Teknik Unhas Edukasi Nelayan di Maros

FAJARKORAN.CO.ID, MAROS — Tim pengabdian masyarakat dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, mengadakan penyuluhan dan bimbingan, di Kabupaten Maros.

Dua dosen dari tim ini, Syerli Klara dan Balqis Shintarahayu, memberi penyuluhan dan bimbingan tentang metode perbaikan dan perawatan mesin outborad pada kapal, di Desa Nelayan, di Dusun Kaemba Jaya, Desa Pa’bentengan, Kabupaten Maros, sejak 20 Juni lalu.

Syerli Klara yang dihubungi, Minggu (27/6/2021) mengatakan, memilih desa tersebut dengan alasan banyak kendala yang dialamai masyarakta desa di sana. “Sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Dusun Kaemba Jaya Desa Pa’bentengang Kabupaten Maros mencari ikan dan kepiting mengalami beberapa hambatan untuk melaut,” ungkapanya.

Hambatan tersebut, sebut Syerli, seperti dialami para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Sehati, seringnya mengalami gangguan mesin kapal, sehingga gagal melaut.

Hal ini diakui pula rekannya, Balqis Shintarahayu. “Makanya, tujuan dari pengabdian ini, untuk memberikan edukasi kepada nelayan setempat, utamanya mengenai  pentingnya merawat mesin outboard pada kapal nelayan,” ujarnya.

Kedua dosen Teknik Unhas ini berharap, setelah kegiatan ini para nelayan dalam kelompok Sehati mengetahui tentang perawatan mesin kapal agar proses melaut dapat berjalan lancar sehingga dapat meningkatkan pendapatan kelompok nelayan tersebut.

Pada kegiatan tersebut, tim pengabdian juga memberikan satu unit mesin outboard pada kelompok nelayan Sehati.(wis/mukhlis/fajar)

News Feed