by

Legislator Wajo Dalami Sistem Penganggaran

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPRD Kabupaten Wajo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Lembaga Penelitian Pengabdian Pada Masayarakat (LPPPM) Universitas Fajar, di Hotel Melia Makassar.

Sekretaris DPRD Wajo, Sainal Hayat mengatakan, bimtek yang berlangsung selama 4 hari sejak, Kamis, 24 Juni lalu itu. Diikuti sebanyak 35 dari 40 legislator di Wajo.

Dalam kegiatan itu, panitia pelaksana menghadirkan sejumlah pemateri. Yakni, dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Bimtek merupakan hak pimpinan dan anggota DPRD sebagaimana ketentuan dalam PP 12 tahun 2018 dan peraturan DPRD tentang tata tertib,” ujar Sainal Hayat.

Empat legislator lainnya tidak sempat hadir karena gangguan kesehatan. Sainal menambahkan, kegiatan Bimtek kali ini mengusung tema “Pendalaman Pembahasan Perubahan APBD dan Prioritas Penggunaan APBD Perubahan tahun anggaran 2021”.

“Agenda ini sesuai tugas dan fungsi DPRD yang akan memasuki pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Priorita-Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2021,” jelasnya

Sementara, Ketua DPRD Wajo, Andi Alauddin Palaguna menjelaskan, salah satu tujuan mengikuti Bimtek untuk memberikan pemahaman atas perubahan regulasi terkait teknis dan mekanisme sistem penganggaran.

Sebab anggota DPRD mempunyai tiga fungsi dalam melaksanakan tugasnya. Yakni, ppengawasan, penganggaran dan pembuatan peraturan daerah (Perda).

“Berhubung kami anggota dewan dari berbagai latar belakang pendidikan. Jadi perlu ada bimbingan terkait mekanisme dan teknis penganggaran,” kuncinya. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed