by

Launching Program 1 Desa 1 PKBM, Bupati: Ini Warisan Saya untuk Masyarakat

-Sulsel, UMKM-238 views

“Karena kita tahu dari hasil pendataan rata-rata lama sekolah 7,91 tahun di Takalar. Dan kita tahu rata lama sekolah di Indonesia itu sekitar 8 tahun lebih. Jadi, ini adalah upaya kita bersama dengan membuat pusat kegiatan belajar yang akan mendorong anak-anak kita yang putus sekolah untuk kembali lagi bersekolah,” jelas Bupati Takalar .

Dia mencontohkan, di Desa Kampung Beru, anak putus sekolah jumlahnya lebih kurang 100 anak, inilah yang harus diintervensi bersama dengan anak-anak di Desa lainnya yang harus kembali bersekolah melalui PKBM.

Program ini merupakan program bersama oleh seluruh OPD yang berkaitan seperti Bapelitbang yang menjadi penggagas dari program ini dan tentu dari Dinas Pendidikan dan OPD lainnya.

“Nanti kita akan memasukkan Perbupnya terkait  program-program dari OPD untuk mengisi dari materi PKBM ini agar tidak monoton seperti sekolah formal lainnya, tetapi diberi tambahan Seperti life skill dan local wisdom seperti seni lokal dan khas dari masing-masing desa,” terang Bupati Takalar.

Life skill, kata Bupati, bisa diperoleh dengan bekerjasama BLK untuk memberikan keterampilan yang ada dalam program BLK dan untuk seni akan bekerjsama dengan seniman lokal untuk mengajarkan seni tradisional yang menjadi khas dari desa tersebut.

“Program ini akan menjadi warisan saya untuk masyarakat ketika masa jabatan saya berakhir tahun depan. Ini akan memberi manfaat kepada masyarakat jika dilaksanakan dengan baik, bahkan jika nanti bupati yang baru ada,” pungkas Bupati Takalar. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed