oleh

Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana, Ilham Azikin: Ini Kehormatan

FAJARKORAN.CO.ID, BANTAENG — Pemerintah Kabupaten Bantaeng di bawah kepemimpinan Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Daerah berjarak 120 kilometer dari Makassar ini meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan ini diberikan kepada Ilham Azikin karena dia dianggap sosok yang dinilai mempunyai dedikaasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan MKK ini diberikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo kepada Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin secara virtual. Pelaksanaan virtual ini digelar di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin mengakui jika apresiasi dari pemerintah pusat itu adalah sebuah kehormatan baginya. Dia akan tetap mempertahankan dan menjaga kehormatan tersebut.

“Terimakasih setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Ini adalah kehormatan untuk saya dan pemerintah Kabupaten Bantaeng,” kata dia.

Dia mengatakan, Bantaeng meraih penghargaan ini berkat kerja lintas sektoral dan kesadaran masyarakat. Dia menyebut, pembangunan di Kabupaten Bantaeng saat ini sudah berdasar pada kekuatan keluarga.

“Konsen dalam program ini adalah berjalan sesuai arahan dari BKKBN pusat untuk bagaimana mendorong sebuah pembangunan dengan bersandar pada kekuatan keluarga,” jelas dia.

Selain menjadi sosok yang memiliki dedikasi dalam pengendalian penduduk, Ilham Azikin juga meraih penghargaan atas percepatan pelaksanaan pendataan keluarga. Pemerintah Kabupaten Bantaeng masuk dalam kategori daerah dengan pendataan keluarga tercepat bersama dengan beberapa daerah lain di Sulsel.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo memberikan apresiasi kepada sejumlah daerah yang ikut membantu upaya pengendalian penduduk di Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini untuk memotivasi daerah lainnya untuk terus berbuat yang baik.

“Penghargaan ini bentuk tanda apresiasi dan rasa hormat kami kepada seluruh pihak yang ikut membantu dalam upaya pengendalian penduduk dan pendataan keluarga,” jelas dia.

Gizi Terpadu

Salah satu penilaian yang mendorong penghargaan MKK ini adalah hadirnya UPTD Gizi terpadu. Kepala BKKBN Bantaeng, Abdi Syam mengatakan, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin selama dua tahun terakhir dianggap berhasil dalam intervensi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Bantaeng.

News Feed