oleh

Unhas Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021 Jalur Mandiri non-Subsidi

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui bagian akademik menyelenggarakan seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021 Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS). Proses seleksi diawali dengan tes kepribadian yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (29/6).

Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri JNS merupakan upaya untuk memperluas dan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dan didukung dengan kemampuan finansial.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP., menjelaskan proses seleksi tahun ini tidak mengalami perbedaan dari tahun sebelumnya, yang juga berlangsung secara online. Calon pendaftar memiliki nilai UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) di SBMPTN dan terdaftar sebagai peminat pada salah satu prodi Unhas.

“Kita mempertimbangkan nilai UTBK dan ujian internal. Jika dilihat peserta JNS berdasarkan sisi peminatan, tercatat total ada 3.607 peserta yang terbagi dalam dua pilihan prodi yang diberikan,” jelas Prof. Restu

Prof. Restu mengakui, secara umum untuk Jalur Mandiri, Unhas hanya menyediakan kuota penerimaan kurang lebih 21%.  Meskipun sebagai universitas berbadan hukum dengan otonomi sendiri, Unhas tetap melakukan proses seleksi dan penerimaan mahasiswa baru sesuai kebutuhan.

“Sebagai PTN-BH, sebenarnya kita dapat menerima hingga 50% untuk jalur mandiri. Banyak masyarakat yang berasumsi Unhas mengutamakan jalur mandiri. Tapi, sebenarnya tidak seperti itu. Unhas tetap memperhatikan kualitas dan sesuai kebutuhan, makanya untuk tahun ini kuota hanya tersedia 21% untuk jalur mandiri,” terang Prof. Restu.

Proses pendaftaran peserta telah berlangsung sejak 16 s.d 25 Juni 2021. Untuk saat ini, dilakukan test kepribadian kepada para peserta dengan melibatkan sekitar 75 pengawas. Setelah proses ini selesai, kemudian dilakukan wawancara kepada para peserta sesuai pilihan prodi.

Prof. Restu berharap, mahasiswa yang nantinya lulus melalui jalur ini memiliki komitmen kuat dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk Unhas. Beliau mengatakan, setelah menjadi bagian Unhas tidak ada lagi perbedaan jalur masuk. Sehingga, proses pembelajaran mengikuti kode etik yang ditetapkan.

Komentar

News Feed