oleh

Tata Perpustakaan PIP Makassar, Dinas Perpustakaan Turunkan Tim

KORANFAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan membuat menurunkan tim ke Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. Itu untuk membantu penataan perpustakaan.

Aksi Reaksi dan Interaksi TIM 3 KADAS (Kami Datang Anda Sukses) merupakan Gerakan Sayang Buku Cinta Ilmu Pustakawan. Gerakan ini oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Koordinator tim, Hasni Djabir, S, Sos. M. AP menjelaskan, Perpustakaan Ilmu Pelayaran Makassar merupakan perpustakaan perguruan tinggi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Dinas Perpustakaan ini turun untuk mengoptimalkan pengelolaan.

Hal ini sesuai pasal 4 Undang undang no. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan ilmu Pelayaran Makassar, katanya, Tim 3 KADAS selaku pembina. Ini dengan melaksanakan tugas untuk membantu membenahi, menghimpun, memilih, mengolah, merawat serta menata bahan pustaka sebagai informasi kepada pemustakanya.

“Keberadaan perpustakaan sebagai jantung kehidupan kampus sangat menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Perpustakaan harus diberdayakan semaksimal mungkin dan untuk mengelola perpustakaan sebagai sumber informasi kepada civitas akademika. Dengan demikian, diperlukan pengetahuan tentang pedoman pengelolaan perpustakaan sesuai dengan standar yang berlaku. “Selama 2 hari tim kadas telah mengolah buku sejumlah 89 judul 994 examplar,” jelasnya. (*)

News Feed