by

Destinasi Wisata Rammang-Rammang Menjadi Perhatian Mahasiswa KKN Unhas

FAJARKORAN.CO.ID, MAROS — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 106, yang tergabung di dalam Posko Maros 4,  melakukan kunjungan sekaligus rapat pembahasan program kerja KKN Tematik  di kantor Kecamatan Bontoa, Selasa (29/6).

Rapat dihadiri Kepala Kecamatan Bontoa, Andi Armansyah, SH, dan staf kecamatan yang banyak memberikan masukan  selaku nara sumber.

Kordinator mahasiswa KKN Posko Maros 4, Farah Zhahrah Whalyani mengatakan, rapat perdana dengan unsur kecamatan ini dimaksudkan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat tentang apa saja keinginan dan kebutuhan mereka yang dapat dikerjakan atau perlu mendapat supervisi dari mahasiswa KKN di daerah tersebut.

“Ada lima masalah yang mereka identifikasi dan menjadikannya sebagai program unggulan yaitu, pertama, melakukan  edukasi dan upaya peningkatan kepedulian terhadap kesehatan dan kebersihan  lingkungan,  terutama menyangkut ketersediaan air bersih dan pengolahan masalah sampah,” Farah Zhahrah Whalyani.

Menurutnya, persoalan ketersediaan air bersih dan pengolahan sampah, kata mahasiswi semester akhir ini menjadi salah satu perhatian mereka yang cukup besar. Hal ini mengingat di Kecamatan Bontoa  memiliki satu area wisata yang sudah terkenal di Indonesia, bahkan di luar negeri,  yakni Objek wisata  Rammang-Rammang yang telah ditetapkan sebagai Taman Geopark Unesco tahun 2017.

Sebagai destinasi wisata, Taman Wisata Rammang-Rammang  memiliki pesona keindahan alam yang berbeda dari obyek wisata lain. Udara disini juga cukup dingin. Selain itu, pemandangan pegunungan batu kars yang langka dan berbentuk melingkar  mengelilingi lembah hijau tanaman padi kian menunjukkan daya tariknya.

Karena itu, obyek wisata ini dan sekitarnya  perlu  didukung oleh kebersihan lingkungan dan ketersediaan air bersih yang cukup. Dengan begitu, pengunjung akan merasa  nyaman selama berada di dalamnya.

Terkait hal itu, Camat Bontoa,  Andi  Armansyah menjelaskan, Rammang-Rammang sudah banyak mengalami kemajuan dibanding  waktu yang  lalu. Telah  memiliki rest area  permanen,  musholla, bahkan masjid, serta  sarana lainnya. Karena itu, jumlah pengunjung  makin banyak berdatangan baik wisatawan lokal, nasional, bahkan turis luar negeri.

News Feed