by

Pemkab Soppeng dan Unhas Diskusi Bahas Pengembangan Daerah

FAJARKORAN.CO.ID, SOPPENG  — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng yang dipimpin langsung Bupati H. A. Kaswadi Razak, SE, beserta rombongan mengunjungi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin.

Kunjungsn ini dalam rangka mendiskusikan potensi pengembangan daerah, berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Aula LPPM Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (2/7/2021).

Direktur Komunikasi Unhas Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, mengatakan pertemuan ini selain menjalin silaturahmi juga menjadi jembatan penghubung antara daerah dan universitas untuk memperkuat komitmen dan mengetahui kebutuhan daerah. Unhas akan memberikan bantuan sesuai kapasitas yang dimiliki.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPPM Unhas Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si., menyampaikan, sebagai Perguruan Tinggi dengan tanggung jawab pada tridarma, Unhas siap memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng guna mengoptimalkan potensi daerah melalui kajian riset oleh para peneliti.

Lebih lanjut, Prof. Alimuddin menambahkan, dalam keterkaitannya terhadap kegiatan riset, diperlukan kolaborasi bersama dengan berbagai elemen termasuk daerah. Hal ini penting dilakukan guna menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi pengelolaan dan peningkatan potensi melalui kebijakan pemerintah.

“LPPM Unhas yang berfokus pada penelitian dan pengabdian setiap tahunnya memiliki dana riset internal kurang lebih 60 milyar. Dana ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian dosen yang dapat dikolaborasikan bersama daerah. Dengan harapan, hasil penelitian dapat membantu peningkatan income per kapita yang tentunya berdampak pada kemakmuran masyarakat,” jelas Prof. Unde.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE, mengucapkan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk melakukan diskusi bersama dan mendengarkan berbagai keunggulan yang dimiliki Soppeng.

Kaswadi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Soppeng memiliki sinergitas yang kuat dan menjadi satu modal utama untuk membangun daerah. Tidak hanya itu, juga terdapat berbagai kekayaan dan keunggulan yang jika dikelola bersama Unhas maka diyakini menghasilkan satu kekuatan besar untuk masyarakat Soppeng.

“Kami mengharapkan Unhas dan Organisasi Perangkat Daerah berdiskusi dan menghasilkan konsep dari para ahlinya yang dapat dikerjasamakan. Soppeng itu tidak terlalu hebat, tapi kami mampu memberikan warna tersendiri dan selalu menjadi yang terbaik. Perekonomian kami yang tertinggi, ini belum ada keterlibatan Unhas. Kami menyakini jika Unhas sudah bergabung memberikan pemikirannya, maka akan memberikan dampak luar biasa,” papar Kaswadi.

News Feed