by

Toraja Internasional Festival kembali Digelar di Tongkonan Buntu Pempon

 FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Toraja Internasional Festival (TIF) 2021 yang Kesembilan akan kembali digelar 10 Juli 2021 mendatang di Tongkonan Buntu Pempon, Toraja.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, tahun ini, pagelaran yang memperlihatkan budaya tradisional ini akan dibuat hybrid.

Penggagas dan Pelaksana Toraja Internasional Festival, Franki Raden mengatakan untuk luringnya diadakan 10 Juli. Semua kegiatan yang di lakukan di tanggal tersebut, akan di syuting untuk ditayangkan di channel youtube 18 Juli.

“Jadi kami tau ini di tengah pandemi, makanya lokasi yang dipakai biasanya untuk 5000 orang kini hanya diperbolehkan mengundang tamu 100 orang. Ini belum termasuk para penampil,” ungkap Franki Raden, ditemui di Gedung MULO Makassar, Jumat (2/7/2021).

Diakui Franki, walau di tengah Pandemi Covid-19, Lokaswara Project  yang menaungi kegiatan tersebut bersama Dinas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tau masih ada pembatasan dan itulah tetap ikuti prokes. Makanya  kami tidak datangkan tamu dari luar negeri, tetapi mereka akan saksikan lewat tayangan youtube nanti,” jelasnya.

Kabid Pengembangan Pemasaran Disbudpar Sulsel, Syamsuniar Malik mengatakan, melihat tingkat kunjungan pariwisata yang semakin menurun ditengah Pandemi, pihaknya menganggap TIF 2021 ke depannya bisa menggaet pengunjung semakin banyak.

“Event ini bisa menjadi cara promosi Sulsel juga secara daring. Sehingga kedepannya banyak turis  yang penasaran dan bisa mengunjungi Sulsel ketika situasi sudah terkendali,” ungkapnya. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed