by

Dorong Mahasiswa Kembangkan Startup, Ini Program STIE Makassar Maju

MAKASSAR, FAJAR — Program kewirausahaan gencar dilakukan perguruan tinggi. Masa kuliah diharapkan menjadi waktu ideal melahirkan usaha rintisan.

Seperti yang dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Makassar Maju. Lewat program kuliah dosen tamu, STIE Makassar Maju hadirkan ahli ekonomi dan pelaku usaha untuk membekali kemampuan wirausaha kepada mahasiswa.

Ketua Yayasan Makassar Maju, H. A. M. Yusran Paris, mengatakan, potensi usaha rintisan perlu diakselerasi sehingga para mahasiswa dapat berkreasi. Selain itu, mahasiswa STIE Makassar Maju juga dimentori langsung para praktisinya.

“Perguruan tinggi punya perananan mewadahi ide-ide kreatif dan inovasi mahasiswa untuk dikembangkan. Makanya kita hadirkan dosen tamu memberi inspirasi,” ujarnya.

Menurut dia, ada banyak kesempatan bagi startup di seluruh Indonesia untuk berkembang. Diharapkan ketika lulus, sudah mampu menciptakan lapangan kerja di tengah masyarakat. Terlebih jika lembaga keuangan memberikan dukungan.

Selain menghadirkan pelaku usaha, pihaknya juga kerap mengundang dari lembaga keuangan. Termasuk dari Bank Indonesia (BI) untuk menjelaskan apa saja yang harus dilakukan pelaku usaha agar dilirik perbankan.

“Biasanya bank butuh jaminan bahwa ide ataupun inovasi mahasiswa kita benar-benar layak. Itulah kita hadirkan praktisi,” jelasnya.

Ia berharap, lewat kuliah dosen tamu ini, mahasiswa STIE Makassar Maju, khususnya yang sudah menciptkan produk mampu mendapatkan wawasan tambahan mengembangkan usahanya.

Dosen Kewirausahaan STIE Makassar Maju, Sultan, mengemukakan, kuliah dosen tamu sangat penting dalam menunjang kemampuan mahasiswa untuk bisa memulai bisnis. Kata dia, kuliah ini memfasilitasi mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang berwirausaha.

“Kita harap ke depan, alumni kita mampu menciptakan satu bisnis. Seperti yang diinginkan kampus ini mencetak one student one bisnis,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Direktur Bank Indonesia (BI) Sulsel, Endang Kurnia Saputra, menyampaikan bahwa bank sangat mendukung pesatnya pertumbuhan startup. Makanya, peran bank kata Endang, memberikan pembiayaan. Pembiayaan ini dalam rangka mendukung startup bisa berkembang.

“Biasanya usaha-usaha awal itu harus dengan modal sendiri dulu. Nanti setelah berjalan baru bisa mendapatkan pembiayaan dari bank,” paparnya.

News Feed