by

Unhas Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Vokasi di Bone dan Wajo

FAJARKORAN.CO.ID, BONE  — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bagian Akademik menyelenggarakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Vokasi di Kabupaten Bone.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat di Gedung PKK, Kantor Bupati Bone pada Sabtu (3/7) lalu.

Kepala Sub Bagian Pengembangan Pendidikan Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D., menjelaskan tentang penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri pada Program Vokasi Unhas yang menekankan pada proses pembelajaran yang unik dengan penerapan 30% teori dan 70% praktik.

Selain itu, mahasiswa juga lebih banyak terjun langsung di lapangan dengan para pengajar yang berasal dari dosen Unhas dan kalangan industri.

Lebih lanjut, Makarennu mengatakan Unhas memiliki Program Vokasi pada tiga wilayah berbeda yang berdekatan dengan Kabupaten Bone yakni Program Vokasi Kabupaten Sidrap, Kabupaten Barru, dan Kabupaten Soppeng. Sehingga, dari aspek mobilitas dapat memudahkan para putra putri daerah menuntut ilmu.

“Jadwal penerimaan Jalur Mandiri Program Vokasi akan dimulai tanggal 8 Juli 2021. Untuk itu, sosialisasi ini dilaksanakan agar putra-putri daerah yang lokasinya berdekatan dengan lokasi kampus vokasi Unhas dapat menjadi peluang untuk peningkatan sumber daya daerah yang lebih berkualitas,” jelas Makarennu.

Mewakili Bupati Kabupaten Bone, Anwar, S.H.,M.H., selaku Plt. Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyambut baik kedatangan Unhas di Bone.

Menurutnya, Program Vokasi Unhas menjadi salah satu media yang diharapkan mampu mendorong peningkatan sumber daya manusia di daerah untuk kemajuan potensi dan kesejahteraan masyarakat. Dirinya mengatakan, sosialisasi tersebut dapat mengoptimalkan partisipasi masyarakat Bone untuk menjadi bagian dari Unhas.

Sebelumnya Unhas juga telah melakukan kegiatan serupa pada beberapa daerah salah satunya Kabupaten Wajo. Unhas sendiri akan menerima mahasiswa baru jalur Vokasi D-IV (sarjana terapan) yang setara S1 melalui program studi yaitu:

– Prodi Teknologi Pakan Ternak di Kabupaten Barru,

– Prodi Agribisnis Peternakan di Kabupaten Soppeng

– Prodi Agribisnis Pertanian di Kabupaten Soppeng

– Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan di Kabupaten Sidrap

– Prodi Teknologi Produksi Ternak di Kabupaten Sidrap.

Informasi pendaftaran dapat diakses pada laman http://regpmb.unhas.ac.id (memilih menu: Informasi Umum, Jalur Penerimaan, Mandiri, lalu Vokasi D4 Terapan). Pendaftaran hingga tanggal 23 Juli 2021, dan mahasiswa yang diterima akan memulai perkuliahan pada 16 Agustus 2021. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed