by

Indonesian Tour Leaders Association Hadir di Wilayah Indonesia Timur

-Bisnis, Event-110 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Perhimpunan para pemimpin perjalanan wisata di Indonesia yang lebih dikenal dengan ITLA, hadir di wilayah Indonesia Timur. Hal ini bersamaan dengan pembentukan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan dalam Musyawarah Daerah di Makassar, Sabtu 10 Juli 2021.

Musyawarah Daerah yang mengusung tema Tour Leader Unggul, Pariwisata Indonesia Maju” bertujuan untuk membentuk kepengurusan di tingkat daerah, di wilayah Indonesia Timur khususnya. “Kami ingin pengetahuan dan pengalaman profesional yang diperoleh para tour leader saat bertugas di berbagai penjuru negara di dunia, dimanfaatkan untuk mendorong dan membantu perkembangan pariwisata di Indonesia, di Sulawesi Selatan khususnya,” ungkap Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ITLA, Tetty D.S. Ariyanto, Jumat (9/7/2021).

 “Bersama pemerintah, pemangku kepentingan, serta  institusi pendidikan pariwisata meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada,” kata Tetty lanjut.

Semangat untuk hadir dan membentuk kepengurusan di wilayah Indonesia Timur sudah cukup lama, hingga Anggota ITLA di Makassar merespon dengan antusias. Dampak pandemik tidak menyurutkan semangat mereka. Setelah enam bulan berkomunikasi dengan pengurus pusat di Jakarta, MUSDA bisa terealisasi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Ratu Noorita Achmad, mengakui pihaknya butuh waktu dua bulan untuk persiapan MUSDA, itu termasuk beberapa kali penundaan karena dampak pandemi. “Kami bersyukur bisa terselenggara dengan baik, walaupun secara hybrid,” ujarnya. 

Hadirnya DPD ITLA Sulawesi Selatan diharapkan bisa menghadirkan program pengembangan pariwisata khususnya di bidang sumber daya manusia bukan hanya di wilayah Sulawesi Selatan, namun juga di seluruh Sulawesi bahkan di wilayah Indonesia Timur.

Merdeka belajar adalah program SDM ITLA yang di selaraskan dengan kebijakan merdeka belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang terus memberikan upgrading, upskilling, reskilling profesi untuk menjaga kompetensi terlebih di masa pandemi ini.

Melalui ITLA merdeka belajar, juga berafiliasi dan berkolaborasi dengan institusi pendidikan untuk persiapan karier komprehensif guna mempersiapkan SDM unggul bagi profesi Tour Leader yang kompeten, bermartabat dan bertanggung jawab.

News Feed