by

Edukasi Metode Penjualan bagi Penerima Sapi Hibah di Takalar

FAJAR.KORAN.CO.ID, TAKALAR –- Jelang Kurban, Tim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan edukasi bagi penerima sapi Hibah.

Tim tersebut merupakan dosen jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang yakni Rastina, Hasiah, Sukriah Natsir, dan Muhammad Islah Idrus. Lokasinya di desa Massamaturu,  Kabupaten Takalar. Minggu, 11 Juli 2021.

Kegiatan ini diadakan di Aula Desa Massamaturu kabupaten Takalar. Kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan terhadap kelompok penerima sapi hibah.

Ketua Tim PPDM, Rastina mengatakan, Desa Massamaturu adalah salah satu desa yang mendapat hibah dari Pemerintah Kabupaten Takalar, sejak tahun 2018 program pemerintah adalah 1 KK 1 sapi hibah.

Sapi hibah tersebut diberikan kepada warga yang kurang mampu untuk meningkatkan kehidupan mereka.

“Jadi para peserta penerima hibah kami edukasi mengenai cara –cara perhitungan harga pokok penjualan atau harga jual sapi tersebut,” ungkapnya.

Salah satu Tim pengabdian dan dosen PNUP, Hasiah mengatakan selama ini para penerima sapi hibah ini menggunakan harga pasar sapi tanpa memperhitungkan biaya-biaya lain  yang timbul. Utamanya biaya atas perolehan sapi tersebut dan dipelihara sampai bisa dijual dipasaran.

“Nah kami disini mukai edukasi dengan metode pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan meliputi gambaran umum tentang harga pokok penjualan dan tata cara perhitungan harga pokok penjualan sapi,” terangnya.

Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menjelaskan tentang dasar-dasar harga pokok penjualan, perhitungan pajak dan pemasaran melalui media social marketing.

Hasil kegiatan pelatihan diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat penerima hibah agar dapat menghitung berapa sebenarnya harga pokok penjualan sapi yang sebenarnya beserta pajak yang terkait dan melakukan pemasaran melalui sosial media marketing. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed