by

Momen Idul Adha Pertemukan Pengungsi Suriah dengan Keluarga

-Fin, Headline-18 views

FAJAR.KORAN.CO.ID, SURIAH  — Iduladha yang sebagian besar negara-negara Arab ditetapkan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, membawa berkah bagi para pengungsi Suriah yang saat ini bermukim di Turki di wilayah perbatasan Suriah.

Direktur Kajian Timur Tengah, Amirullah Kandu melaporkan, di antara sekira 3.5 juta penduduk Suriah yang berada di Turki, mulai Minggu, 11 Juli 2021, mendapat kesempatan bertemu dengan keluarga yang berada di Provinsi Idlib.

“Mereka diperbolehkan pulang melalui pintu perbatasan Turki-Suriah, setelah sekira 6 tahun terpisah dari keluarga, menyusul ditutupnya pintu perbatasan sejak penyebaran Covid-19 tahun lalu,” ungkap Amirullah Kandu.

Muhammad Sya’ban, seorang pemuda Suriah yang merupakan bagian dari pengungsi, menyatakan tidak bisa menggambarkan kegembiraannya dengan kata-kata. Sya’ban sangat senang bertemu dengan keluarga besarnya. Sya’ban telah berusaha menemui keluarganya pada tahun lalu, namun otoritas Turki menutup perbatasan Suriah akibat Covid-19.

Para pengungsi Suriah ini diangkut secara cuma-cuma menggunakan transportasi dari pihak otoritas Turki dengan pertimbangan unsur kemanusiaan.

Idlib adalah salah satu di antara 13 Provinsi terletak di barat daya Suriah, 168 km dari kota Homs, dan 330 km dari Damaskus. Wilayah Idlib merupakan daerah pertanian yang subur dan banyak ditanami dengan pohon zaitun. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed