by

TNI-AU Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Bandara Halim Perdanakusuma

FAJAR.KORAN.CO.ID, JAKARTA –- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) secara masif terus melakukan kegiatan serbuan vaksinasi, setelah menggelar kegiatan di Wisma Aldiron, Bandara Soekarno-Hatta, dan Satbravo 90 Paskhas. Kali ini, serbuan vaksinasi dilaksanakan di Bandar Udara (Bandara), Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi ini, mengatakan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI-AU, merupakan arahan langsung dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam rangka mendukung pemerintah, menuju target satu juta warga yang melaksanakan vaksin setiap harinya.

Adapun peserta vaksinasi adalah stakeholder bandara, warga masyarakat sekitar Bandar Udara Halim Perdanakusuma, keluarga besar TNI-AU yang belum melaksanakan vaksinasi, dan remaja usia 12 sampai dengan 17 tahun.

“Program ini tidak berhenti pada hari ini. Kita terus akan mengevaluasi, apabila diperlukan. Kita siap melaksanakan serbuan vaskinasi,” tegas Kasau, Fadjar Prasetyo, yang pernah menjabat sebagai Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Makassar.

Pada kesempatan ini, Kasau Fadjar Prasetyo yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut, menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan beberapa peserta vaksin. Menanyakan kepada peserta tentang di mana mendapat informasi atas kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Bandara Halim Perdanakusuma ini.

Senada dengan Kasau, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., menjelaskan serbuan vaksinasi di Bandara Halim Perdana Kusuma dimulai dari tanggal 14 s.d 15 Juli 2021. Melibatkan 6 tim vaksinator dengan total 50 tenaga kesehatan (Nakes) gabungan, terdiri dari RSAU Esnawan Antariksa, Lakesgilut, Lanud Halim Perdana Kusuma,  Koopsau I, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Udara Halim Perdana Kusuma.

Kadispenau Indan Gilang Buldansyah, juga menjelaskan, menyingkapi respon rumah sakit yang mengalami over capacity dalam merawat pasien Covid-19.

Disebutkan juga Kadispenau, TNI-AU dalam hal ini RSAU dr. Esnawan Antariksa, telah membangun rumah sakit lapangan dengan daya tampung 194 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19, yang diperuntukkan untuk isolasi mandiri maupun yang membutuhkan perawatan, saat ini  tingkat keterisiannya sudah mencapai 90% .

News Feed