by

Digitalisasi Produk Hukum, KPU Bone Gandeng Prodi S2 Hukum IAIN

FAJARKORAN.CO.ID, BONE-IAIN Bone dan KPU Bone jalin kerja sama. Itu ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

MoU ini memuat beberapa ruang lingkup yang merupakan agenda strategis Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone, di antaranya dalam rangka menyosialisasikan keberadaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di kalangan mahasiswa. Jal ini juga sebagai upaya mewujudkan digitalisasi produk hukum secara khusus di masa Pandemi Covid-19.

Sebelum penandatanganan MoU, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone, Izharul Haq bersama Komisioner Harmita dan A. Mappaninsong menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Program Studi Magister (S2) Hukum Tata Negara IAIN Bone atas ikhtiar untuk melakukan MoU ini.

“Tentu KPU Kabupaten Bone sangat menyikapi dengan baik sebagai upaya sosialisasi menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 karena kampus memiliki ribuan pemilih yang termasuk pemilih cerdas,” ujar Izharul.

Harmita Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM berharap MoU dapat dikembangkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan, seperti halnya dalam kegiatan seminar maupun dalam mengisi nantinya penyelenggara ad-hoc.

Koordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bone, A. Mappaninsong menambahkan, bermitra dengan kampus sangatlah strategis bagi KPU Kabupaten Bone. Secara spesifik misalnya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan karena tentu semua mahasiswa di Kampus termasuk wajib pilih.

Ketua Program Studi S2 Hukum Tata Negara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Lukman Arake berterima kasih atas kesediaan KPU Kabupaten Bone untuk melakukan MoU.

Menurut Doktor Al-Azhar Mesir ini, kerja sama ini mempertegas kemitraan Prodi S2 dan lembaga-lembaga terkait dalam pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bumi Arung Pallakka.

Adapun penandatanganan MoU yang dilaksanakan di ruangan Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone dihadiri Direktur Pascasarjana IAIN Bone Hj. Jasmani, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ridwan bersama Tim Borang Burhanuddin dan Sekretariat KPU Kabupaten Bone yang diwakili Kepala Sub Bagian Hukum Yusdar bersama staf Risal dan Jurdil Hamzah. (*/)

News Feed