by

Mahasiswa KKN Unhas Gel. 106 Kec. Panakukkang Adakan Donor Darah

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR –- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin mengisi kegiatan dengan melakukan program kerja pengabdian kepada masyarakat. Program inovatif yang dilaksanakan disesuaikan pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN.

Dalam melaksanakan program kerja kali ini, mahasiswa KKN Unhas Gelombang 106 Kecamatan Panakkukang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar, PMI wilayah Kota Makassar serta Unit Kegiatan Mahasiswa KSR PMI Unhas dengan mengusung kegiatan Donor Darah dan Cek Gula Darah.

Kegiatan berlangsung dengan penetapan protokol kesehatan secara ketat di Kantor Kecamatan Panakkukang, Rabu (14/7).

Kegiatan ini merupakan program bersama yang sebelumnya telah disepakati oleh pihak Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Kota Makassar, PMI wilayah Kota Makassar serta Unit Kegiatan Mahasiswa KSR PMI Unhas.

Dalam hal ini, kegiatan telah berlangsung atas persetujuan dari Camat Panakkukang, Muh. Thahir Rasyid S.IP., dosen pengawas KKN Panakkukang, serta para koordinator dari masing-masing posko terkait.

Ketua PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan menyampaikan walaupun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, namun permintaan darah tidak pernah berkurang. Pandemi yang terjadi saat ini juga berpengaruh pada ketersediaan darah di PMI.

“Banyak kondisi yang membuat seseorang membutuhkan transfusi darah. Mulai dari kehilangan banyak darah akibat cedera atau prosedur bedah, pengidap thalassemia, demam berdarah, hingga mereka yang tidak dapat memproduksi darah dengan benar,” ungkapnya pada saat pelepasan Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 106.

Kegiatan Donor Darah & Cek Gula Darah ini juga merupakan salah satu kegiatan yang menunjang program pemerintah kota Makassar yaitu Makassar Recover. Para panitia membuka kegiatan ini secara gratis dan bersifat terbuka sebagai kontribusi masyarakat dalam membangun kondisi masyarakat sehat.

Selama proses kegiatan donor darah dan cek gula darah berlansgung, para mahasiswa peserta KKN kecamatan Panakkukang terlibat secara aktif untuk mengarahkan serta memantau jalannya kegiatan hari ini. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed