by

Mahasiswa KKN Unhas Pelatihan Pembuatan VCO di Bulukumba

FAJAR.KORAN.CO.ID, BULUKUMBA –- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Gel. 106 Wilayah Bulukumba 4 (Kec. Bulukumpa) melakukan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) skala rumah tangga di Aula Kantor Desa Jojjolo, Kecamatan Bulukumpa, Kamis (15/7/2021).

Kegiatan yang persertanya merupakan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Desa Jojjolo ini, disambut baik pemerintah setempat, terutama aparat Desa Jojjolo.

Sekretaris Desa (Sekdes) Jojjolo, Hasyim M., SE, menyatakan, sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang dilakukan mahasiswa Unhas ini. Menurutnya, peserta KKN Unhas Wilayah Bulukumba 4 dinilai tak hanya sekadar mengenalkan mengenai apa itu VCO, tetapi mempraktikkan proses pembuatannya di depan peserta yang hadir sehingga hal ini menarik minat dari masyarakat Desa Jojjolo.

“Adik-adik mahasiswa KKN Unhas ini memberikan pengetahuan baru mengenai pemaanfaatan lain dari Kelapa, selama ini warga Desa Jojjolo hanya memanfaatkan menjadi gula merah saja. Sekarang, kami tahu, kelapa juga bisa dijadikan minyak kelapa murni tanpa dipanaskan terlebih dahulu. Tidak sama dengan minyak kelapa yang dibuat selama ini ibu-ibu rumah tangga yang prosesnya dipanaskan lalu diaduk lama. Saya rasa ini merupakan inovasi baru bagi masyarakat Desa Jojjolo yang bisa diterapkan,” ungkap Hasyim.

Mengambil tema “skala rumah tangga” karena mahasiswa peserta KKN Unhas ingin memberikan informasi, bahan baku pembuatan VCO ini sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di rumah tangga. VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan  minyak kelapa murni yang berasal dari sari pati kelapa.

Kemudian, diproses secara higienis tanpa sentuhan api secara langsung dan bahan kimia tambahan  sehingga kandungan yang penting dalam minyak tetap dapat dipertahankan.

Adapun komponen utama dari VCO adalah  asam lemak jenuh di antaranya asam  laurat, asam miristat, asam kaprilat, asam kaprat dan asam kaproat yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Penggunaan VCO dapat langsung dikonsumsi ataupun dicampurkan ke makanan. VCO juga dapat digunakan untuk  menggoreng. Selain itu VCO juga bisa langsung digunakan di kulit dan dirangkaikan dengan tahapan skincare.

News Feed