by

Bawaslu Tingkatkan Kualitas SDM Staf Sambil Berwisata

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAROS  — Di tengah upaya pemerintah menangani pandemic covid-19, baik melalui Serbuan Vaksinasi, maupun dengan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Badan Pengawasa Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros, memanfaatkan kesempatan ini untuk berbuat positif.Bawaslu Tingkatkan Kualitas SDM Staf Sambil Berwisata

Adanya kebijakan pembatasan jam kerja, Bawaslu Maros menggunakan waktu tersebut untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) staf dengan melakukan Pelatihan Peningkatan SDM Kehumasan, bagi Jajaran Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten maros, di Kafe Rumah Kedua, Rammang-Rammang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sabtu, 17 Juli.

“Kita tahu, beberapa momen yang menanti, baik itu Pemilu Legislatif, Pilpres, maupun Pilkada, kesemuanya itu memerlukan kesiapan yang matang bagi anggota Bawaslu. Makanya, kesempatan ini kita gunakan untuk pelatihan peningkatan SDM ini. Tentunya, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan (Prokes) dan pembatasan jumlah peserta. Jadi, peserta tidak lebih dari 10 orang,” ungkap Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, S.IP.

Diakui Sufirman, tidak bisa dipungkiri, kadang data-fakta lapangan yang ditemukan anggota, tetapi dalam memformulasi data-fakta tersebut dalam bentuk laporan maupun berita acara, memerlukan keterampilan khusus.

“Makanya, kami sengaja menjadikan narasumber Jurnalis prfesional di bidangnya, termasuk mantan wartawan yang pernah bekerja sebagai penyelenggara Pemilu, untuk memberi pembekalan bagi staf kami,” terang Sufirman.

Menariknya, pelatihan yang dikemas dalam bentuk wisata di destinasi wisata Rammang-Rammang ini, para peserta diberi penugasan langsung untuk mewancarai masyarakat setempat, kemudian membuat dalam bentuk laporan. Bahkan, ada dalam bentuk berita yang menarik, laiknya berita yang dibuat wartawan profesional.

Tiga narasumber atau pemateri yang dihadirkan, masing-masing Mardiana Rusli, SE, M.Ikom, mantan wartawan dan penyelenggara Pemilu, dengan materi “Foto Jurnalistik”.

Ada juga wartawan senior Harian FAJAR Makassar, Mukhlis Amans Hady, SS, yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Maros, dengan materi; “Kiat Membina Hubungan Media Massa dan Teknik Penyusunan Naskah Kehumasan”.

Narasumber lainnya, Korwil Ikatan Jurnalis  Televisi Indonesia (IJTI) Maros-Pangkep,  Muhammad Bakri, dengan materi; “Strategi Jurnalisme Online dan Pengelolaan Konten Media Sosial dalam Kehumasan”.

News Feed