by

Pascasarjana UMI Terima 343 Mahasiswa Baru

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR  — Sebanyak 343 orang mahasiswa baru Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, telah diterima. Mereka telah melewati tiga tahapan seleksi sehingga dinyatakan lulus. Tahapan tersebut yakni Tes Potensi Akademik (TPA), tes TOEFL, dan tes wawancara.

Direktur Pascasarjana UMI, Prof Baharuddin Semmaila mengatakan, tingginya animo masyarakat untuk mendaftar di pascasarja, sehingga UMI masih memberi kesempatan kepada mereka yang ingin mendaftar. “Dibuka pendaftaran gelombang II. Ini dibuka hingga 13 Agustus 2021 mendatang,” ujarnya, Senin (19/7/2021).

Tahun ini, kata Prof Baharuddin, pascasarjana UMI menerima 1.200 mahasiswa. Total ini  terdiri dari 900 mahasiswa strata 2 (S2), dan selebihnya untuk mahasiswa program doktor (S3).

“Kuota ini sudah diisi sebanyak 343 orang, sehingga masih ada kesempatan untuk mengisi ketersediaan kuota,” ungkap Baharuddin Semmaila.

Dikatakan Baharuddin, untuk gelombang kedua, seleksinya akan dilakukan pada 13-15 Agustus mendatang. Sementara pengumumannya  17 Agustus mendatang. “Kami memberi kesempatan bagi pendaftar yang telah mengambil formulir namun belum sempat mengembalikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Direktur I , Prof Abdul Rahman Mus, mengatakan mahasiswa pascasarjana yang mendaftar, mereka akan dinyatakan lulus ketika bisa menyelesaikan tesnya.

“Sebetulnya yang paling penentu itu tes Potensi Akademik. Kalau tes lainnya, kalau gagal tidak apa diulang dan bisa nyusul tesnya,” terang Abdul Rahman.

Setelah dinyatakan lulus,  proses perkuliahan mahasiswa pascasarjana UMI akan dimulai 26 Agustus mendatang.

Asisten Direktur II Pascasarjana UMI, Sufirman Rahman, mengatakan untuk biaya perkuliahan di UMI sebetulnya termasuk murah. Alasannya, pascasarjana UMI memiliki akreditasi A dan telah mendapat predikat akreditasi unggul. “Biaya tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Apalagi biayanya bisa diangsur,” jelasnya.

Diakui Prof Sufirman, UMI memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk membayar biaya semesternya secara berangsur-angsur hingga satu semester.

Pascasarjana UMI terdiri dari 15 Prodi, 11 prodi magister (S2), yakni Manajemen, Ilmu Hukum, Pendidikan Agama Islam, dan Akuntansi. Kemudian ada magister Ilmu Ekonomi, Teknik Kimia, Agroteknologi dan Kesehatan Masyarakat.

News Feed