by

Sepuluh Mahasiswa Unhas Terima Beasiswa Sobat Bumi 2021

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil lolos sebagai penerima (awardee) beasiswa Sobat Bumi 2021 melalui program Pertamina Foundation (PF) Prestasi. Pengumuman beasiswa telah dirilis melalui akun resmi Instagram Pertamina Foundation.

Program PF Prestasi adalah bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menuju Indonesia maju dan sejahtera. Program ini memberi bekal kepada generasi muda dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi.

Melalui wawancara pada Rabu (21/7) salah seorang penerima beasiswa, Muh Aswad Ashan, menuturkan bahwa Beasiswa Sobat Bumi diberikan kepada mahasiswa yang peduli terhadap pelestarian lingkungan, serta dapat berkontribusi aktif dan positif dalam pemberdayaan sosial masyarakat.

“Ada berbagai kegiatan bagi penerima beasiswa ini, misalnya Green Action dan pengabdian masyarakat yang menjadi passion saya selain aspek akademik di kampus,” ujar Aswad.

Mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta) Unhas ini juga mengungkapkan rasa syukur ketika dirinya dinyatakan lolos sebagai awardee. Aswad berhasil melewati proses seleksi berkas dan tahap wawancara.

“Setelah dinyatakan lulus berkas, saya mempersiapkan diri sembari menunggu informasi wawancara. Saaat proses wawancara, Saya pribadi berusaha relaks dan jujur dalam menjawab setiap pertanyaan,” jelas Aswad.

Lebih lanjut, Aswad menambahkan untuk wawancara sangat penting mempersiapkan profil, karya, dan pengalaman yang mudah dipahami panelis pewawancara beasiswa. Hal  ini dilakukan mengingat singkatnya durasi wawancara.

“Sebelum mendaftar beasiswa, saya sering berkegiatan bersama teman-teman awardee Pertamina Foundation. Alhamdulillah, saya merasakan banyak manfaat,” ujar Aswad.

Poin penting yang dicari oleh pemberi beasiswa adalah adanya kepercayaan, tanggungjawab, dan loyalitas terhadap tantangan yang diberikan calon penerima beasiswa. Utamanya di tengah pandemi saat ini sangat dibutuhkan ide-ide inovatif mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Aswad berharap, semoga kesepuluh awardee Sobat Bumi dapat memberikan aksi nyata dan bisa menjadi pioneer pergerakan cinta lingkungan dan pengabdian kepada masyarakat.

News Feed