by

UNESCO Tetapkan “Lembah Hima” Arab Saudi Sebagai Warisan Budaya Dunia

FAJAR.KORAN.CO.ID, RIYADH -– Arab Saudi kembali menambah daftar destinasi wisata yang patut dikunjungi setelah UNESCO menetapkan Lembah Hima sebagai warisan budaya dunia pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Seperti dilaporkan Direktur Kajian Timur Tengah, Amirullah Kandu, Lembah Hima berada di dalam wilayah Provinsi Najran, berjarak sekitar 937 km arah selatan dari Ibu Kota Arab Saudi, Kota Riyadh, menuju perbatasan Yaman.

Sebelumnya, UNESCO telah memasukkan beberapa situs bersejarah di Arab Saudi sebagai warisan dunia seperti Madain Saleh (300 km dari Madinah) tahun 2008, Al-Dar’iyah (20 km dari Riyadh) tahun 2010, kota tua Jeddah tahun 2014, Seni Cadas di Provinsi Hail tahun 2015, dan Oasis Al-Ahsa pada tahun 2018.

Lembah Hima memiliki lebih dari 34 situs yang terdiri dari prasasti dan sumur tua, terbentang sepanjang jalur perjalanan kafilah dan para pedagang yang melintasi padang pasir Saudi Arabia, sebagaimana disebutkan oleh sebuah sumber lokal.

Selain prasasti dan sumur tua, daerah ini juga menyimpan beberapa teks kuno dalam tulisan Thamudic, Nabatean, Musnad Selatan, bahasa Syria dan Yunani kuno, di samping prasasti Arab awal (periode pra-Islam), yang dianggap sebagai awal dari kaligrafi Arab modern.

Pada tahun 2019, untuk pertama kalinya Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis untuk masuk ke Kerajaan Arab Saudi dan berkunjung ke destinasi wisata yang sudah tercatat sebagai warisan dunia UNESCO. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed