by

Unibos Perkuat Soft Skill Mahasiswa Menghadapi Dunia Usaha

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAKASSAR -– Universitas Bosowa (Unibos) melakukan coaching kompetensi soft skill mengenai “Orientasi Dunia Usaha dan Industri” di lantai 9 Kampus Unibos Jl Urip Sumoharjo, Senin, 26 Juli.

Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu mengaku, jika mahasiswa semester akhir diwajibkan mengikuti ini. Sebab, ini tercatat satu SKS.

“Jadi, ini tujuannya sebagai satu kuliah umum, juga sebagai bekal sebelum mahasiswa ini menuju dunia PKL atau megang di beberapa perusahaan,” ungkap Saleh Pallu.

Ketua Career Development Center Unibos, Lukman Setiawan mengatakan, Unibos memikirkan masa depan mahasiswa setelah menjadi alumni. Makanya, dibentuk CDC sejak 2018, dimana program kementerian ini untuk memaksimalkan skill mahasiswa setelah lulus nanti.

“Jadi, ketika mahasiswa lulus, mereka dipantau selama enam bulan. Apa keahliannya. Maka yang belum bekerja bisa diarahkan mau kemana,” jelas Lukman Setiawan.

Dalam pelatihan tersebut hadir sebagai pemateri, Ketua skill development program Sulsel Affandy Agusman. Memaparkan, jika mahasiswa mesti memiliki skill. Alasannya, banyak alumni kampus di Sulsel yang berhasil bekerja di luar negeri karena memiliki skill yang bisa dijual.

“Saat ini mesti digenjot mahasiswa agar menguatkan skillnya. Sebab, kedepan ini mereka mesti menguasai negaranya sendiri. Jangan sampai mereka dikalah bersaing dengan warga asing yang datang bekerja di Indonesia,” pungkas Affandy Agusman. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed